Event Nasional News

25 September, Momen Pemberkatan Nikah Kudus Adrian Paruntu & Hanna Supit Yang Sakral

Minahasa Selatan,-Beritarem.com,- Raut wajah bahagia terlukis dari senyum kedua mempelai yakni, Adrian Jopie Paruntu (Anggota DPR-RI/Putra dari Bupati Minahasa Selatan-Ibu Christiany Eugenia Tetty Paruntu) dengan Hanna Enah Supit (Putri Gembala Sidang GBI REM, Pdt. Paulus Supit) ketika sah menjadi pasangan suami istri. Pasangan mempelai ini diberkati sekaligus diteguhkan dalam pernikahan kudus di Gereja GMIM Talitakum Pondang, Minahasa Selatan, Jumat, 25 September 2020. “Pernikahan adalah suatu pranata hubungan antara dua orang manusia, seorang laki-laki dan seorang perempuan yang disiapkan ke dalam karya penciptaan Tuhan Allah dan termasuk ke dalam tata semesta yang diciptakan dan dipeliharaNya (Kej. 1:27-38,24-25). Karena itu, terhadap pasangan yang menikah, kasih dan pemeliharaan TUHAN Allah harus dinyatakan dan dikukuhkan di dalam ibadah Gereja yang dilakukan oleh pelayan Tuhan,”ujar Pdt.Joice Umboh-Sondakh.,M.Th saat menyampaikan firman Tuhan sekaligus memimpin prosesi pemberkatan nikah Adrian & Hanna.

Senyuman bahagia pasangan Adrian & Hanna saat pemberkatan nikah kudus

Dalam kotbahnya, Pdt. Joice Sondakh  menjelaskan,bahwa, maksud dan tujuan nikah adalah pembentukan keluarga. Jikalau suami-istri mendapat keturunan dengan pertolongan Tuhan Allah pencipta, maka persekutuan hidup antara suami-istri diperluas dan dipererat. Tetapi jikalau kehidupan bersama suami-istri tidak dikaruniai anak, maka persekutuan hidup suami-istri sebagai maksud dan tujuan semula dari nikah itu harus tetap terpelihara,”tukas Pdt. Joice.

Pdt. Joice Umboh-Sondakh.,M.Th ketika menyampaikan kotbah dalam ibadah Pemberkatan Nikah Andrian & Hanna

Lebih lanjut, Pdt. Joice berpesan, bahwa adapun yang menjadi tugas dan tanggungjawab suami-istri adalah saling mengasihi, saling melayani, saling menghormati, saling mendorong dan saling membangun baik bagi diri sendiri maupun kepada keluarga dan orang lain, khususnya bagi anak sendiri. “Bertumbuh dalam iman, pengharapan dan kasih, akan memperkuat kehidupan suami-istri dan anak-anak. Sebab itu, persekutuan hidup yang mengabaikan beribadah bersama, makin lama makin lemah. Sebaliknya persekutuan hidup yang berjalan pada jalan yang dikehendaki TUHAN, makin lama makin diteguhkan. Setiap nikah yang berjalan pada jalan yang dikehendaki oleh TUHAN Allah akan diberkati dan akan menjadi berkat bagi orang lain, baik itu yang berada di dalam maupun yang berada di luar rumah,” papar Pdt. Joice.

Momen yang sangat sakral bagi pasangan mempelai adalah ketika membaca janji nikah, pernyataan janji setia. “Hanna Enah Supit, Aku mengambil engkau menjadi istriku, sebagai anugerah dan berkat dari TUHAN Allah kepadaku. Aku akan mengasihi engkau dengan setia, baik dalam suka maupun dalam duka…” demikian janji setia yang diucapkan oleh Adrian Jopie Paruntu di hadapan  para hamba Tuhan dan jemaat yang hadir dalam ibadah pemberkatan Nikah kudus.

Momen Yang Sangat Sakral, Kedua Mempelai Mengucapkan Janji Nikah

Prosesi sungkeman dan memberi doa restu yang menyatu dalam acara pemberkatan nikah kudus, juga menjadi momen yang sangat mengharukan sekaligus menguras air mata. Sebagai mempelai Pria, Adrian Jopie Paruntu pun lebih dulu melakukan sungkem dan meminta doa restu kepada sang Mama (Ibu Christiany Eugenia Paruntu). Dalam momen tersebut, wajah Ibu Christiany tampak berkaca-kaca dan meneteskan air mata seraya memeluk putranya. Ibu Christiany memberikan nasihat dan tak mampu menahan linangan airmata bahagia ketika merelakan putranya membangun bahtera rumah tangga yang baru. Suasana bertambah haru, ketika Adrian Paruntu & Hanna Supit pun bergiliran memohon doa restu dan sungkem kepada Ibu Christiany, Bapak Paulus Supit, Ibu Maria Yani Supit, keluarga dekat serta kakak beradik yang hadir dalam momen tersebut.

Seluruh rangkaian acara pemberkatan nikah menjadi sah dan resmi ketika kedua mempelai, orang tua, serta saksi dari masing-masing mempelai menandatangani surat akte perkawinan di hadapan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan.

Resepsi Pernikahan Di Hotel Sutan Raja Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Setelah prosesi pemberkatan nikah kudus dilanjutkan dengan acara resepsi yang digelar di hotel Sutan Raja, Amurang. Dekorasi panggung dengan bertaburan bunga bernuansa putih dibalut warna coklat keemasan tampak menghiasi pelaminan. Suasana lobby hotel dan ballroom pun disulap meriah dan semarak. Apalagi di setiap sudut kanan-kiri dipajang sejumlah foto-foto romantis kedua mempelai dengan gemerlap lampu warna-warni, menambah suasana ruangan semakin indah.

Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah pejabat daerah Minahasa Selatan, pendeta, jemaat maupun masyarakat yang hadir dalam acara tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan ketat. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, cuci tangan, pakai masker, dan saling menjaga jarak ketika berpapasan dengan tamu undangan lainnya.

Deretan papan bunga ucapan “Happy Wedding” & Selamat Berbahagia” bagi mempelai, juga tampak menghiasi halaman hotel berbintang yang terletak tak jauh dari obyek wisata pantai Amurang. Sebut saja: Ketua Dharma Wanita Kabupaten Minsel (Ibu Telly Kaawoan-Paduli. B.Sc); Inspektur Daerah Kab. Minsel (Adry Keintjem, SH); Asisten I Pemkab Minsel (Frangky Tangkere.SP.M.Si), Keluarga Ronald Korompis-Wewengkang Jakarta; Kepala Badan Pengelola Keuangan & Aset Kab. Minsel (Melky Manus, S.ST), Pimpinan & Karyawati BPJS Ketenagakerjaan Manado; PT Bank Sulut Cabang Amurang, Kapolres Minsel (AKBP S.Norman Sitindaon.SIK), dan masih banyak lagi.

Ibu Christiany Eugenia Paruntu yang telah ditetapkan sebagai paslon calon Gubernur-Cawagub Sulawesi Utara berpasangan dengan Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) dalam kata sambutannya, menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam pemberkatan nikah kudus serta pesta resepsi di Hotel Sutan Raja, Amurang. “Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada saudara-saudara tamu undangan yang telah berkenan hadir di dalam pesta pernikahan Adrian & Hanna. Saya memohon doa dan restu Bapak/Ibu Saudara agar pernikahan anak kami mendapatkan kebahagiaan sampai maut memisahkan. Supaya mereka mewarisi kehidupan rumahtangga yang berkenan di hadapan Tuhan,” ujar Ibu Christiany dalam kata sambutannya.

Gembala Sidang GBI REM, Pdt. Paulus T Supit, mengucap syukur kepada Tuhan Yesus atas pertolongan-Nya sehingga acara pemberkatan & resepsi dapat berjalan dengan baik. “Puji Tuhan, saya mewakili keluarga juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir memberikan doa restu bagi pernikahan anak kami. Saya juga berterimakasih kepada para pendeta yang hadir disini. Mohon dukungan doanya agar Anak kami Adrian & Hanna agar mereka dapat melalui perjalanan rumahtangga dalam suka maupun duka. Sebagai orang tua, mohon dukungan doanya agar mereka juga menjadi pasangan suami istri dan menjadi takut akan Tuhan. Sekali lagi, mohon doakan anak-anak kami. Agar menjadi anak-anak yang hebat. Tuhan Yesus Memberkati,” tutur Pdt. Paulus Supit.

Sementara itu, Adrian Paruntu dalam sambutan singkatnya, juga memohon bimbingan dan doanya sebagai pasangan muda. “Sebagai pasangan muda, kami mohon tuntunan dan bimbingan serta doa Bapak/Ibu semua, agar kami menjalani kehidupan rumah tangga yang baru ini,” papar Adrian Jopie Paruntu yang terpilih menjadi anggota DPR-RI Golkar mewakili Sulawesi Utara. Setelah itu disusul Hanna Supit mempersembahkan satu buah lagu berjudul “Endless Love”.

Ibu Christiany Eugenia Paruntu & Ibu Maria Yani Supit Yang berulangtahun tepat tanggal 25 September

HUT Dua Mama Melengkapi Momen Kebahagiaan Mempelai

Bagi pasangan muda Adrian Jopie Paruntu (Anggota DPR RI) & Hanna Enah Supit (Paskibraka 2015), tanggal 25 September boleh jadi menjadi sejarah yang tak pernah lekang oleh waktu. Kenapa? Sebab, tanggal tersebut selain menjadi momen kebahagiaan mereka berdua yang telah diberkati dalam pernikahan kudus, juga menjadi momen kebahagiaan Mama mereka, yakni Ibu Christiany Paruntu & Ibu Maria Yani Supit yang berulang tahun bertepatan dengan hari pernikahan.

Di sela-sela pesta resepsi, suasana gembira membahana ketika dua kue ulang tahun berwarna biru dan kuning dibawa menuju panggung pelaminan. Para tamu undangan yang hadir pun tampak bersukacita mengikuti ajakan MC dan alunan musik untuk menyanyikan lagu “Happy Birthday” serta memberikan dukungan doa kepada Ibu Christiany Paruntu & Ibu Yani Supit. Happy Birthday Ibu Christiany Paruntu! Happy Birthday Ibu Yani Supit. Selamat Berbahagia Adrian & Hanna! SM/Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *