Nasional

Angka Penularan Covid-19 Meningkat Tajam, Menag Terbitkan Surat Edaran Terkait Pembatasan Beribadah

Jakarta,Beritarem.com,-Angka penularan kasus covid-19 dalam satu bulan terakhir ini kembali meningkat tajam di Jakarta maupun di berbagai daerah di Indonesia dibarengi dengan munculnya varian baru. Menyikapi hal tersebut, Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan aturan terbaru mengenai pembatasan kegiatan keagamaan di tempat ibadah. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Di Rumah Ibadat.

Yaqut Cholil Quomas (Menag RI)

Aturan ini dikeluarkan sebagai upaya pencegahan, pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tempat ibadah. “Saya telah menerbitkan surat edaran, sebagai panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata-rantai penyebaran Covid-19 di rumah ibadah,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang kerap disapa Gus Menteri, seperti dikutip dalam siaran Persnya.

Gus Menteri juga mengingatkan agar umat beragama yang sedang berada di zona merah menghentikan sementara kegiatan keagamaan hingga kondisi kembali membaik. “Kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, seperti pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan dan sejenisnya di ruang serbaguna di lingkungan rumah ibadah juga dihentikan sementara di daerah zona merah dan oranye sampai dengan kondisi memungkinkan,” tuturnya.

Sementara daerah yang dinyatakan aman bisa melakukan kegiatan keagamaan oleh warga yang tinggal di lingkungan setempat dan harus menerapkan protokol kesehatan. Atas himbauan ini, Menag menginstruksikan kepada para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kabupaten/kota, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Penyuluh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan dan pengurus rumah ibadah untuk melakukan pemantauan. SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *