Nasional News

Dalam Rangka HUT RI ke 76, Pemerintah Luncurkan Rumah Digital Indonesia

Beritarem.com,-Bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaan. Tahun ini, Indonesia pun terpaksa harus merayakan ulang tahun kemerdekaan tanpa gegap gempita seperti sebelum pandemi virus Corona. Kendati demikian, pandemi COVID-19 tidak menghalangi semangat untuk merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang. Karena itu, pemerintah pun me-launching Rumah Digital Indonesia untuk merayakan Bulan Kemerdekaan.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan, Rumah Digital Indonesia ini merupakan wadah untuk masyarakat berpartisipasi secara virtual dalam merayakan Bulan Kemerdekaan yang dimulai tanggal 1 Agustus 2021 mendatang. “Rumah digital ini memberikan ruang partisipasi ke seluruh rakyat Indonesia untuk bergabung, untuk pamer desa wisatanya, untuk pamer kulinernya, untuk pamer bahkan menjual produk-produk lokalnya sehingga produk-produk lokal itu bisa menasional melalui rumah digital ini. Mungkin desa wisata yang tadinya hanya terkenal di tingkat kabupaten, kini saatnya nasional. Juga makanan lokal yang tadinya tidak terkenal menjadi terkenal juga,” kata Pratikno dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021) seperti dilansir detik.com.

Pratikno mengungkapkan, melalui Rumah Digital Indonesia, masyarakat Indonesia diajak untuk merayakan kemerdekaan dengan khidmat meski secara virtual. Namun, dia memastikan semangat kemeriahan Bulan Kemerdekaan yang berlangsung di Rumah Digital Indonesia tetap sama seperti sebelumnya. “Itulah bagaimana bulan kemerdekaan di rumah digital Indonesia. Areanya digital, semangatnya kemeriahannya tetap sama ruangnya beda rasa syukurnya daya juangnya yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan semangat untuk mengisi kemerdekaan tetap sama berusaha berkontribusi untuk kemajuan dan kemanusiaan tetap sama tetapi arenanya tetap akan banyak digeser ke area virtual,” tutur dia.

Sementara, Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung menjelaskan, Rumah Digital Indonesia hadir sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan seperti pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan, melalui Rumah Digital Indonesia, perayaan kemerdekaan bisa dilakukan tanpa sekat. “Semangat kemerdekaan selalu hadir setiap kita memasuki bulan Agustus, jadi semangat perjuangan, semangat kemenangan, semangat gotong royong antar anak bangsa hadir menjadi warna langit di bulan kemerdekaan. Nah kita tahu walaupun tahun ini berbeda tapi spirit kemerdekaan itu harus tetap ada ketika kita harus di rumah saja, ketika kita tidak bisa berkumpul bersama,” kata Putri.

“Nah teknologi bisa mempertemukan kita untuk merayakan kemerdekaan bersama. Dengan bantuan teknologi kita mendesain sebuah dunia virtual untuk mewadahi masyarakat Indonesia merayakan semangat kemerdekaan dan dapat berpartisipasi aktif dan berkolaborasi dengan cara dan pengalaman yang berbeda lewat Rumah Digital Indonesia,” imbuh dia. Ant/detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *