Event Nasional News

Lumbung Nusantara Berbagi Kasih Kepada Perwamki, Pdt. Rahmat Manullang: Setiap Pemimpin Harus Memiliki Jiwa Sosial Yang Tinggi

Bekasi, Beritarem.com,-Dampak pandemi Covid19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, terutama di bidang ekonomi bagi masyarakat kalangan bawah ternyata mendorong banyak pihak untuk berlomba-lomba memberikan bantuan sosial. Salah satu Gerakan kasih yang peduli terhadap sesama selama Pandemi Covid19 adalah “Lumbung Nusantara” yang dipimpin oleh Pdt. Dr.Ir. Rahmat Manullang, M.Si.

Koordinator Lumbung Nusantara (Pdt. Rahnat Manullang) berpose bersama dengan pengurus DPP Perwamki, DPD DKI Jakarta dan DPD Jabar

Menurut Rahmat, setiap pemimpin itu harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Jika tidak maka akan sangat bahaya. “Lumbung Nusantara ini adalah gerakan sosial yang muncul pada masa pandemi Covid19. Keberadaan Lumbung Nusantara ini juga didukung lembaga lain seperti MyHome, STT Lets, dan PGLII,” tukas Pdt. Rahmat Manullang selaku Koordinator Lumbung Nusantara kepada wartawan yang tergabung dalam Perkumpulan Wartawan Media Kristiani (Perwamki) di kantornya kawasan Kalimalang, Bekasi, Selasa (9/6/2020).
Selama Pandemi Corona ini, lanjut Rahmat, Lumbung Nusantara telah menyalurkan ribuan paket sembako kepada masyarakat terdampak di Jabodetabek melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan kelembagaan lainnya. “Selain sembako, Lumbung Nusantara juga memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan masker yang disalurkan kepada Rumah Sakit di sejumlah daerah di Indonesia,” ungkap Rahmat yang juga aktif melayani di Jaringan Doa Nasional (JDN).
Rahmat menjelaskan bahwa sebelum ada Lumbung Nusantara, gerakan sosial ini didahului dengan “Lumbung Yusuf”. “Lahirnya Lembaga Lumbung Yusuf ini diawali dengan adanya bencana alam tsunami yang menghantam Aceh pada tahun 2004. Dan yayasan sosial saat itu juga terbentuk dan diberinama Berkati Indonesia. Lumbung Yusuf ini tujuannya adalah seratus persen bergerak di bidang sosial atau peduli kepada sesama,” tukas Ketua STT Lighthouse Equipping Thelogical School (LETS).

Ketua DPP Perwamki Stevano Margianto saat menerima simbolis paket sembako dari Pdt. Rahmat Manullang, Selasa (9/6) siang di STT Lets, Jalan Kalimalang Bekasi.

Di tengah pandemi Covid19 ini, menurut Rahmat, justru menyadarkan kita sebagai hamba Tuhan, gereja maupun warga gereja untuk bersatu, saling bahu-membahu meringankan beban masyarakat yang terdampak. “Tuhan memberikan warning, agar kita sebagai hamba Tuhan tidak hanya urusi internal gereja saja. Dan jika mau jujur, setiap pemimpin gereja itu hampir-hampir terjebak dalam organisasi internal dan ngurusi gedung, serta jemaat saja. Padahal kan seharusnya fokusnya lebih terbuka kepada masyarakat luas dan bangsa,” papar Rahmat yang pada kesempatan tersebut juga memberikan bantuan sosial berupa bahan pokok kepada sejumlah wartawan Perwamki.


Pada kesempatan tersebut Stevano Margianto, selaku Ketua Umum DPP Perkumpulan Wartawan Media Kristiani (Perwamki) usai menerima paket bahan pokok secara simbolis dari Pdt Rahmat Manullang. “Mewakili teman-teman wartawan dan organisasi Perwamki, saya mengucapkan terimakasih kepada Lumbung Nusantara, terutana kepada Pdt. Rahmat Manullang yang telah peduli kepada para awak Jurnalis Kristiani. Biarlah Lumbung Nusantara terus menjadi saluran berkat, baik bagi sesama maupun bangsa Indonesia,” tukas Stevano. SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *