Event News

Mengulas Sejarah Pelayanan GBI REM ke 28 Tahun, Ps. Paulus Supit: TUHAN Yang Menempatkan!

JAKARTA,BERITAREM.COM,-Gereja Bethel Indonesia Rahmat Emmanuel Ministries (GBI REM) yang didirikan pada tanggal 15 Maret 1992 telah memasuki usia 28 tahun. Goresan sejarah mencatat, GBI REM yang dipelopori oleh Ps. Abraham Conrad Supit & Almh. Ibu Elsye Cramer diresmikan oleh Sinode Pusat Gereja Bethel Indonesia menjadi wadah pelayanan gereja yang berpusat di Jakarta.

Awalnya, GBI REM memulai pelayanan ibadah minggu di tempat yang sangat sederhana. Yakni menggunakan ruangan sebuah gedung milik PT. Pelayaran Kalimantan secara gratis selama dua tahun, di Jalan Tanah Abang II, Cideng, Jakarta Pusat. Dalam menggembalakan jemaat yang awalnya hanya dihadiri beberapa jemaat, Ps Abraham Conrad Supit didampingi oleh Alm. Ps Romeo Sahertian dan Ps. Pengky Andu.

Foto Keluarga: Ps. Abraham C Supit & Almh.Ibu Elsye Cramer beserta anak-anak

Seiring berjalannya waktu, jemaat GBI REM pun semakin berkembang serta pernah membuka tempat-tempat ibadah baru; baik di ruko, pusat perbelanjaan (Mal) maupun hotel, seperti: Hotel Indonesia, Hotel Sheraton, Hotel Lumire, Hotel Wisata, Apotik Tomang, Tubagus Angke, Hotel Hilton, Wendys, KFC, Pizza HUT, Perth Australia dan tempat-tempat strategis lainnya. Kemudian ada pula Apartemen Robinson, Hotel Ciputra, Kelapa Gading, Gedung Tan Ek Tjoan Bogor, Hotel Orhardz, Ruko Mahkota Mas, Gedung Kasih Bersaudara Raden Saleh, Daan Mogot, Ozone Pantai Indah Kapuk yang masih eksis.

GBI REM Mengalami 2 Kali Pergantian Kepemimpinan

GBI REM juga mengalami beberapa kali pergantian penggembalaan (kepemimpinan). Pergantian penggembalaan diawali tahun 2013 melalui seminar pembekalan pengerja yang digelar Hotel Ciputra Ruang Puri 5 & 6 dengan pembicara: Ps. Ray Kaunang, Ps. Pengky Andu, Ps.Ariasa Supit, dan Ps. Joshua Supit. Pada kesempatan tersebut, Ps. Abraham Conrad Supit (dikaruniai 8 putra-putri) membuat keputusan mengejutkan, yaitu menyerahkan nama GBI REM dan beberapa cabang kepada Ps. Joshua Supit (putra ketujuh Ps. Abraham C Supit). Diantaranya adalah: GBI REM Hotel Ciputra Lantai Dasar Ruang Puri 5 & 6, GBI REM Hotel Lumire, GBI REM Ruko Pinangsia Karawaci Tangerang. Pada saat itu, Ps. Paulus T Supit (Putra ketiga Ps. Abraham Conrad Supit) yang pernah menggembalakan GBI Penuai Raden Saleh bergabung membantu pelayanan di GBI REM. Sementara sang ayah, Ps. Abraham Conrad Supit memutuskan mengambil motto GBI REM, yakni “Victorious Family” sebagai nama gereja yang digembalakan. Diantaranya: Apartemen Robinson, Kelapa Gading, Gedung Tan Ek Tjoan Bogor, Hotel Orhardz, Ruko Mahkota Mas, Gedung Kasih Bersaudara Raden Saleh, dan Daan Mogot.

Pada tahun 2016, Ps Joshua Supit memutuskan untuk membuka penggembalaan baru yang diberinama GBI Forward Living Church (FLC). Kemudian bulan Desember 2016, GBI REM Hotel Ciputra diserahkan kembali kepada Ps. Abraham Conrad Supit. Mulai saat itulah Ps. Abraham Conrad Supit mengambil kembali nama GBI REM sebagai nama gereja seluruh cabang di bawah penggembalaannya dan meminta Ps. Paulus untuk membantu pelayanan di GBI REM.

12 Mei 2019 GBI REM Hotel Ciputra Lantai Dasar Diserahkan Kepada Ps.Paulus T Supit

SK penyerahan GBI REM Ciputra lantai dasar kepada Ps. Paulus Supit

Melalui Surat Keputusan (SK) nomor 007/KTR/GBI-REM/V/2019 dengan kop surat GBI Victorious Family yang ditembuskan kepada BPD & BPH GBI, Ps. Abraham Conrad Supit yang saat itu bertindak atas nama Gembala GBI REM berdasarkan rapat kerja seluruh pelayan Tuhan di Apartemen Robinson (tanggal 4 Mei 2019), mengambil keputusan untuk menyerahkan GBI REM Hotel Ciputra Lantai Dasar Ruang Puri 5 & 6 dan GBI REM Cabang Daan Mogot kepada Ps. Paulus T Supit. Kemudian terhitung 12 Mei 2019, Ps. Paulus Supit resmi menjadi gembala kedua cabang gereja tersebut sampai sekarang. Dalam keputusan tersebut, Ps. Abraham C Supit mengambil nama GBI Victorious family sebagai nama gereja yang digembalakannya. Sebelumnya, tanggal 8 Mei 2019, Ps. Abraham Conrad Supit, menegaskan di hadapan seluruh pengerja hotel Ciputra, bahwa GBI REM Hotel Ciputra Lantai dasar & Daan Mogot digembalakan oleh Ps. Paulus Supit.

Ibarat sebuah negara, misalnya Indonesia; Presidennya boleh berganti berkali-kali, tetapi negaranya tetap sama, Indonesia. Begitu pula dengan GBI REM. Kita semua sepakat bahwa, founding fathernya adalah Ps. Abraham Conrad Supit, tetapi nama gerejanya tetap sama, yaitu: GBI REM. Demikian dikatakan oleh Ps. Pengky Andu yang juga menjadi pelaku sejarah perjalanan pelayanan GBI REM yang kini telah memasuki usia ke 28 tahun. “Saya menganalogikan dengan keberadaan Indonesia dan benderanya adalah Merah Putih. Kita semua sepakat, founding fathers Indonesia adalah Ir. Soekarno dan menjabat Presiden RI pertama. Tetapi setelah Presidennya berganti, negaranya tetap sama, yakni Indonesia. Presiden/pemimpin juga boleh berganti, tetapi bendera Indonesia tetap merah putih. Ini yang mesti dipahami bersama. Jadi, sama dengan gereja. Kalau saat ini GBI REM sudah berganti kepemimpinan, yakni digembalakan oleh Ps. Paulus Supit, tentu kita semua tidak akan melupakan sang founding fathers Ps. Abraham Conrad Supit yang telah memelopori berdirinya gereja ini,” tutur Ps. Pengky Andu menjelaskan.

Perayaan HUT ke 28 GBI REM Ditandai Dengan Launching Aplikasi

Sementara itu Gembala Sidang GBI REM, Ps. Paulus Supit mengungkapkan bahwa tahun ini akan merayakan HUT GBI REM ke 28 secara sederhana. “Puji Tuhan, GBI REM telah memasuki usia ke 28. Tentu kita rayakan secara sederhana saja, tidak perlu yang mewah. Yang penting jemaat Tuhan bisa hadir dan menikmati hadirat Allah. Saya memberikan tema HUT ke 28, ‘Tuhan Yang Menempatkan’ (Kejadian 2:8 & 15). Kenapa temanya Tuhan Yang Menempatkan? Karena jika menengok kembali ke belakang, sejarah mencatat bahwa berkali-kali saya dinubuatkan oleh beberapa hamba Tuhan terkenal. Termasuk Rev. Reinhard Bonke ketika melakukan KKR di Indonesia, nama saya juga dinubuatkan akan menggembalakan salah satu gereja besar. Waktu itu, saya tidak percaya. Malah saya bilang, bahwa itu bukan nubuat, tapi lubuat. Namun, ternyata semua itu digenapi. Dimulai ketika saya membantu pelayanan GBI REM saat digembalakan adik saya Ps. Joshua. Kemudian adik saya jadi gembala FLC, GBI REM kembali ke papa saya. Saya diminta untuk melayani di GBI REM. Hingga akhirnya dipercayakan untuk menggembalakan GBI REM hingga saat ini. Semua bukanlah kebetulan, tetapi Tuhan yang menempatkan GBI REM masih eksis sampai saat ini,” papar Ps. Paulus Supit.

Sehubungan dengan instruksi Presiden Jokowi terkait percepatan penanganan Covid19 (mengurangi penularan), agar masyarakat dapat bekerja di rumah serta ibadah di rumah, maka acara ibadah HUT ke 28 GBI REM yang semula diadakan pada hari Rabu (18/3/2020) diundur pada hari Minggu, 29 Maret 2020 dengan format ibadah biasa. Dalam ibadah tersebut juga diadakan peluncuran aplikasi yang sangat bermanfaat bagi seluruh pengerja dan jemaat GBI REM. Sebab fitur-fitur yang ditampilkan dalam aplikasi GBI REM tersebut dapat membantu meningkatkan pelayanan. Yakni berisi: pendataan jemaat, doa, baptisan, penyerahan anak, kegiatan dan informasi seputar GBI REM yang bisa diakses setiap saat. Melalui kecanggihan teknologi ini diharapkan komunikasi antara sesama pengerja dan jemaat dapat semakin baik. Dan biarlah GBI REM ini menjadi gereja yang berkemenangan dan nama Tuhan dipermuliakan sampai selama-lamanya. SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *