Gagasan News

Peringatan HUT RI Ke 75 Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Banyak hal baru yang kita temukan pada peringatan Hari Ulang Tahun RI ke 75 tahun ini. Salah satunya dirayakan di tengah kondisi negara yang tengah menghadapi pandemi Covid-19. Tapi bisa dirasakan kenikmatannya, kemeriahannya dan pesan-pesan tentang patriotisme dari pendahulu kita yang telah berjuang menegakkan kemerdekaan.

Ps. Dr. Berthie L Momor

Seluruh masyarakat harus mencari ide kreatif yang bisa digunakan sebagai alternatif pengadaan lomba 17 Agustus dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Sementara Pemprov DKI Jakarta masih mengkaji jenis lomba yang diperbolehkan dan yang dilarang diadakan. Tentu akan dikaji lomba apa saja yang boleh dilakukan.

Epidemiolog dari salah satu universitas menjelaskan prinsip menjaga jarak dan menghindari adanya kumpulan massa atau keramaian dalam masa pandemi yang masih belum terkendali dan tetap harus dijaga. Termasuk saat peringatan 17 Agustus, apalagi umumnya masyarakat belum terbiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Peringatan 17 Agustus tahun ini, kita bisa menjadi pahlawan untuk masyarakat dengan tetap di rumah saja, sehingga melindungi rawan di tengah masyarakat. HUT RI bisa juga diramaikan dengan cara-cara online seperti generasi muda yang memperkenalkan sejarah perjuangan veteran lewat media online. Bisa juga mengadakan lomba lain tetapi online, untuk menghindari keramaian, “Please Stay at Home”.

Dengan mengusung tema besar “Indonesia Maju” berharap usia 75 tahun Indonesia bisa menjadi negara maju, baik dari sisi ekonomi, sosial, politik, dan lain-lain. Meskipun tidak dapat melakukan upacara peringatan seperti tahun-tahun sebelumnya, kita tetap berharap HUT RI ke 75 tahun ini tetap terasa kemeriahan dan kekhidmatannya.

Kegiatan bulan kemerdekaan nantinya akan tetap melaksanakan upacara kenaikan dan penurunan bendera secara khidmat, tetapi dengan peserta yang terbatas, termasuk Paskibraka juga terbatas.

Namun demikian bukan berarti partisipasi masyarakat jadi terbatas, seluruh rakyat Indonesia diharapkan ikut aktif terlibat dalam upacara terutama secara virtual (mendekati kenyataan). ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *