Nasional News

PERWAMKI BEKERJASAMA DENGAN ICRP SALURKAN BANSOS KEPADA GURU AGAMA & WARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19

JAKARTA, BERITAREM.COM, Dampak pandemi Covid-19 sampai saat ini masih dialami sebagian besar masyarakat di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Oleh karenanya Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) tetap terbeban untuk menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi corona. Sebelumnya, PERWAMKI sudah beberapa kali melakukan aksi sosial memberikan bansos kepada panti asuhan di Jatiasih Bekasi, kemudian bekerjasama dengan Lumbung Nusantara, STT LETS, dan PGLII DKI Jakarta, menyerahkan bansos kepada guru-guru di daerah Tanah Sereal Kecamatan Tambora Jakarta Barat, juga kepada masyarakat melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Jakarta Pusat.

Pada hari Sabtu, 27 Juni 2020 yang lalu, PERWAMKI kembali melakukan aksi sosial, menyerahkan bansos kepada masyarakat. Kali ini PERWAMKI bekerjasama dengan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP). PERWAMKI yang diwakili Ketua Bidang OKK Deddy Tambunan, setelah berkoordinasi dengan Direktur Eksekutif ICRP Franky Tampubolon, dipercaya untuk mendistribusikan 100 paket sembako dan telur, yang didukung Foodcycle dan Panin Asset Management, untuk  masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dalam hal ini Guru-guru Pendidikan Agama Kristen (PAK), masyarakat dikawasan padat pemukiman, dan Jurnalis Kristiani dalam wadah PERWAMKI. Penyerahan bansos paket sembako dan telur.

Penasehat Perwamki (Jhon SE Panggabean, SH) menyerahkan bansos kepada salah satu guru PAK di kantin UKI Cawang, Sabtu, 27 Juni 2020

Penyerahan bansos ini terbagi dalam dua lokasi titik kumpul, yakni satu lokasi di wilayah Cawang, dan lokasi lainnya di wilayah perbatasan daerah Sukapura-Cakung. “Perwamki berterima kasih untuk kesempatan dan kepercayaan dari ICRP, untuk menyerahkan bansos paket sembako dan telur kepada mereka yang memang membutuhkan. Awalnya kami PERWAMKI yang akan diberikan bansos tersebut, namun info dari Bang Franky Direktur Eksekutif ICRP, kami ditanya apa ada usulan masyarakat yang perlu dibantu, untuk inilah kami membahas, lalu muncullah gagasan untuk menjangkau guru-guru Agama Kristen (Guru PAK), dan warga di wilayah perbatasan Sukapura dan Cakung,” jelas Ketum PERWAMKI, Stevano Margianto .

Koordinator Aksi Sosial & Ketua Bidang OKK Perwamki, Deddy Poltak menyalurkan bansos kepada guru PAK di UKI Cawang

Deddy Tambunan selaku pelaksana aksi sosial peduli pandemi Covid-19 PERWAMKI, menjelaskan, bahwa PERWAMKI untuk menjangkau guru-guru PAK, dibantu akses oleh Johan Tumanduk, anggota Link PERWAMKI, yang juga pengurus Yayasan UKI, dan Eprina Manurung, seorang Ibu yang juga advokat dan aktivis kemanusiaan. “Awalnya kami bingung karena tidak punya akses langsung untuk menjangkau guru-guru PAK, kami teringat Bang Johan Tumanduk pengurus Yayasan UKI, kan UKI ada kuliah untuk PAK, dan puji Tuhan, Bang Johan memberikan kontak person Guru PAK di SMAN 50 Cipinang Muara Jakarta Timur, alumni PAK dari UKI, yakni Pdt Hendry Wulur, nah dari Pdt Hendry inilah akhirnya terbuka akses menjangkau guru-guru PAK, juga dari teman, Eprina Manurung, dia seorang advokat perempuan yang juga aktivis kemanusiaan, dia membuka dapur umum untuk membantu warga dan mahasiswa di kos-kosan, dia pun turut membuka akses yang ke guru-guru PAK. Sharing dari Pdt Hendry Wulur, ataupun Eprina, ternyata banyak kalangan guru PAK yang belum terjangkau bansos,” jelas Deddy.

Ketua Umum Perwamki, Stevano Margianto menyerahkan bansos kepada warga Cakung, Sabtu 27 Juni 2020

Aksi sosial PERWAMKI Peduli, juga melibatkan teman-teman pengurus PERWAMKI DKI Jakarta. Bansos sembako yang akan diserahkan, berupa telur, beras, minyak goreng, penyedap rasa, teh kemasan sachet, biskuit, kecap manis kemasan bungkus. Bansos ini didukung Foodcycle dan Panin Asset Management.

Turut hadir dalam acara pemberian bantuan di UKI selain para pengurus DPP PERWAMKI, DPD PERWAMKI DKI dan Jawa Barat, juga hadir penasihat PERWAMKI (John SE Panggabean), Pengurus Yayasan UKI, Johan Tumanduk. Sedangkan penyerahan bansos di Cakung, ditangani oleh Ketua umum Perwamki, Stevano Margianto dan David Pasaribu.

Mewakili warga terdampak di wilayah Cakung, P.Silaban mengucapkan terimakasih atas bantuan sosial yang disalurkan oleh Perwamki & ICRP. “Secara pribadi & komunitas Silaban Se-Cakung, Sukapura & sekitarnya, saya mengucapkan terimakasih atas bantuan sosial ini kepada ICRP, Perwamki, Foodcycle dan Panin Asset Management. Salam sehat untuk kita semua,” tutur P Silaban setelah menerima bansos.SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *