Event News Testimoni

Pesona Bukit Doa Tomohon Yang Indah dan Berkesan

Minahasa Selatan,Beritarem.com,-Tahukah Anda di Indonesia, ada daerah perbukitan dengan jumlah penduduk penganut Kristen atau Katolik yang didedikasikan sebagai tempat doa, persisnya di daerah berhawa sejuk, Tomohon, Minahasa Selatan. Bukit Doa ini merupakan salah satu wisata religi yang begitu indah. Karena selain dapat memperkaya pengetahuan iman kita, juga dapat menikmati indahnya dan kesejukan Kota Tomohon. Tempat ini sangat komplit karena selain “spot” untuk beribadah dan berfoto ditempat wisata ini disediakan juga penginapan bagi tamu dan sarana olahraga alam seperti flying fox dan sebagainya. Pokoknya tidak bakalan menyesal datang berwisata di Tomohon yang di kenal dengan “BUKIN DOA KELONG”

Tim pelayanan GBI Rahmat Emmanuel Jakarta juga berkesempatan mengunjungi “Bukit Doa Kelong” Tomohon ini. Jarak tempuhnya sekitar 30 kilometer dari kota Manado. Jika anda mau berkunjung ke sana, dengan waktu kurang lebih 40 menit menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi tepatnya berada di Jalan Lingkar Timur Kota Tomohon tepatnya ada di kaki Gunung Mahawu. Masuk di Kelurahan Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon, Minahasa Selatan.

Sejauh mata memandang, mata kita dimanjakan dengan indahnya beraneka bunga berwarna-warni yang menghiasi lokasi Bukit Doa. Apalagi Tomohon juga dikenal sebagai Kota Bunga dengan latar belakang Gunung Lokon. Di bukit doa ini kita bisa menemukan Kapel unik modern bernama Chapel of  Mother Maria. Kapel ini sering dijadikan sebagai tempat foto Pre wedding karena bentuknya yang unik. Bangunan unik lainnya adalah Amphitheatre yang cukup besar dengan kapasitas 1500 orang. Amphiteater ini nampaknya sangat rekomended bila dipakai sebagai tempat khotbah outdoor, untuk kegiatan gathering, pertunjukan seni atau retreat Kristiani. Tempat lain yang tak mungkin kita lewatkan adalah jalan salib (tempat ini juga dikenal dengan jalan Salib Mahawu). Inilah alasan sebagian orang terutama yang beragama Katolik untuk mengunjungi tempat ini. Dimana Jalan Salib Tomohon cukup ramah bagi segala usia dengan rute yang tidak terlalu menantang fisik seperti kebanyakan rute jalan di tempat lain, banyak patung. Namun yang paling keren adalah patung Pieta; patung klasik yang menggambarkan tubuh Yesus yang telah wafat di pangkuan Bunda Maria.

Sementara untuk lokasi Amphitheatre sendiri memang terlihat begitu besar. Juga yang tak mungkin dilewatkan adalah jalan salib yang digunakan mereka yang beragama Kristen. Ada banyak patung perhentian di Jalan Salib. Salah satu yang paling menonjol adalah patung Pieta. Patung ini merupakan patung klasik yang menggambarkan tubuh Yesus yang sudah wafat di pangkuan Bunda Maria. Tiket masuk dapat ditukarkan dengan kopi atau teh. Pas menikmati minuman hangat sambil memandangi lingkungan sekitar yang asri dan indah. Fasilitas cukup beragam, ada jalan Salib, chapel dan amphitheater. Menurut teman-teman yang pernah berkunjung di dalam amphitheater terdapat berbagai patung Yesus. Sayangnya saat itu kami tidak bisa masuk, ada beberapa tempat ditutup dikarenakan masa Covid-19.

Bukit Doa dilengkapi dengan dua pintu masuk. Yang pertama hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki sebab ada Jalan Salib yang mana merupakan prosesi mengenai peristiwa sengsara dari Yesus Kristus. Sambil mendaki rute ini, nantinya para pengunjung bisa melihat patung-patung perhentian. Rute yang berkontur tanah dan berbukit ini memang sudah diaspal beton. Tak sulit untuk para wisatawan agar bisa menelusuri tangga-tangga agar sampai ke puncak via Dolorosa. Ada banyak wisatawan yang datang dan menghabiskan waktu untuk berdoa disana. Tetapi jalur masuk yang menggunakan kendaraan ternyata juga tak kalah indah. Anda bisa datang dan mendapatkan spot foto terbaik. Meski merupakan kawasan wisata religi umat Kristiani, tak hanya umat kristen saja yang datang tetapi juga lintas agama. Hal ini karena pesona alamnya yang juga spektakuler. di kawasan ini ternyata pengelola membuka bangunan-bangunan yang disewakan agar bisa menggelar kegiatan. Misalnya; seperti di beberapa titik yang juga dibangun pendopo untuk bersantai. Banyak pula restoran yang menjual kuliner dan aneka minuman dengan harga terjangkau.

Selebihnya ketika Anda mengunjungi Bukit Doa ini Anda bisa mengajak Tim seperti kami, keluarga bahkan anak-anak untuk datang. Sebab, ada halaman yang luas dan ditumbuhi dengan rerumputan hijau yang halus. Apabila dilihat dari kejauhan, memang sekilas akan tampak seperti lapangan Golf. Untuk anak-anak akan senang bermain dan panorama alamnya pun juga cukup rindang dan asri. Jangan lewatkan ketika Anda pulang pasti ada kenangan yang tidak dapat terlupakan. Tentunya kesempatan ini tidak terlupakan bersama Tim GBI REM dokumentasi foto yang tentunya kunjungan yang tidak terlupakan. (Aryanti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *