Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri Agar Normal


Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri Agar Normal

Layar HP yang bergerak sendiri tentu saja sangat menjengkelkan. Ini dapat membuat Anda kesulitan untuk menggunakan HP Anda dengan benar. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari masalah software hingga masalah hardware. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Pertama-tama, Anda harus mencoba untuk membersihkan layar HP Anda dengan menggunakan kain lembut dan sedikit alkohol. Pastikan Anda membersihkan layar HP Anda dengan hati-hati agar tidak merusak layar HP Anda. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk mengkalibrasi layar HP Anda. Caranya, masuk ke menu Settings > Display > Calibrate. Setelah itu, ikuti petunjuk yang muncul di layar HP Anda.

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada hardware HP Anda. Anda dapat mencoba untuk mengganti layar HP Anda dengan yang baru. Namun, jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengganti layar HP, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri Agar Normal

Berikut adalah 6 poin penting tentang cara mengatasi layar HP bergerak sendiri agar normal:

  • Bersihkan layar HP
  • Kalibrasi layar HP
  • Ganti pelindung layar
  • Perbarui software HP
  • Lakukan factory reset
  • Ganti layar HP

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi layar HP Anda masih bergerak sendiri, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat.

Bersihkan layar HP

Salah satu penyebab layar HP bergerak sendiri adalah karena layar HP kotor. Kotoran pada layar HP dapat mengganggu sensor layar HP, sehingga menyebabkan layar HP bergerak sendiri.

  • Gunakan kain lembut

    Untuk membersihkan layar HP, gunakan kain lembut yang bersih dan tidak berbulu. Hindari menggunakan kain kasar atau kain yang dapat menggores layar HP.

  • Basahi kain dengan sedikit alkohol

    Setelah itu, basahi kain lembut tersebut dengan sedikit alkohol. Alkohol dapat membantu membersihkan kotoran pada layar HP dengan lebih efektif.

  • Bersihkan layar HP dengan gerakan memutar

    Bersihkan layar HP dengan gerakan memutar yang lembut. Pastikan Anda membersihkan seluruh permukaan layar HP, termasuk bagian sudut-sudut layar HP.

  • Keringkan layar HP dengan kain lembut yang bersih

    Setelah layar HP bersih, keringkan layar HP dengan kain lembut yang bersih dan kering. Pastikan layar HP benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya kembali.

Setelah Anda membersihkan layar HP, coba gunakan HP Anda kembali. Jika layar HP Anda sudah tidak bergerak sendiri lagi, maka masalah layar HP bergerak sendiri kemungkinan besar sudah teratasi.

Kalibrasi layar HP

Jika membersihkan layar HP tidak berhasil mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri, Anda dapat mencoba untuk mengkalibrasi layar HP.

  • Buka menu Settings

    Untuk mengkalibrasi layar HP, pertama-tama buka menu Settings pada HP Anda.

  • Pilih menu Display

    Setelah itu, pilih menu Display pada menu Settings.

  • Pilih sub-menu Calibrate

    Pada menu Display, pilih sub-menu Calibrate.

  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar HP

    Setelah itu, ikuti petunjuk yang muncul di layar HP Anda untuk mengkalibrasi layar HP.

Setelah Anda selesai mengkalibrasi layar HP, coba gunakan HP Anda kembali. Jika layar HP Anda sudah tidak bergerak sendiri lagi, maka masalah layar HP bergerak sendiri kemungkinan besar sudah teratasi.

Ganti pelindung layar

Jika membersihkan layar HP dan mengkalibrasi layar HP tidak berhasil mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri, Anda dapat mencoba untuk mengganti pelindung layar HP.

  • Lepaskan pelindung layar lama

    Untuk mengganti pelindung layar HP, pertama-tama lepaskan pelindung layar lama dari HP Anda.

  • Bersihkan layar HP

    Setelah itu, bersihkan layar HP Anda dengan menggunakan kain lembut dan sedikit alkohol.

  • Pasang pelindung layar yang baru

    Setelah layar HP bersih, pasang pelindung layar yang baru pada HP Anda.

  • Pastikan pelindung layar terpasang dengan benar

    Pastikan pelindung layar terpasang dengan benar dan tidak ada gelembung udara di antara pelindung layar dan layar HP.

Setelah Anda mengganti pelindung layar HP, coba gunakan HP Anda kembali. Jika layar HP Anda sudah tidak bergerak sendiri lagi, maka masalah layar HP bergerak sendiri kemungkinan besar sudah teratasi.

Perbarui software HP

Jika mengganti pelindung layar HP tidak berhasil mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri, Anda dapat mencoba untuk memperbarui software HP.

  • Buka menu Settings

    Untuk memperbarui software HP, pertama-tama buka menu Settings pada HP Anda.

  • Pilih menu About phone

    Setelah itu, pilih menu About phone pada menu Settings.

  • Pilih sub-menu Software updates

    Pada menu About phone, pilih sub-menu Software updates.

  • Periksa apakah ada pembaruan software yang tersedia

    Setelah itu, periksa apakah ada pembaruan software yang tersedia untuk HP Anda.

Jika ada pembaruan software yang tersedia, unduh dan instal pembaruan software tersebut. Setelah pembaruan software selesai diinstal, coba gunakan HP Anda kembali. Jika layar HP Anda sudah tidak bergerak sendiri lagi, maka masalah layar HP bergerak sendiri kemungkinan besar sudah teratasi.

Lakukan factory reset

Jika memperbarui software HP tidak berhasil mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri, Anda dapat mencoba untuk melakukan factory reset.

  • Cadangkan data-data penting Anda

    Sebelum melakukan factory reset, pastikan Anda sudah membackup semua data-data penting yang tersimpan di HP Anda.

  • Buka menu Settings

    Untuk melakukan factory reset, pertama-tama buka menu Settings pada HP Anda.

  • Pilih menu System

    Setelah itu, pilih menu System pada menu Settings.

  • Pilih sub-menu Reset options

    Pada menu System, pilih sub-menu Reset options.

Setelah itu, pilih opsi Factory data reset. Setelah itu, konfirmasi bahwa Anda ingin melakukan factory reset. Setelah factory reset selesai, HP Anda akan kembali ke pengaturan awal pabrik. Setelah itu, coba gunakan HP Anda kembali. Jika layar HP Anda sudah tidak bergerak sendiri lagi, maka masalah layar HP bergerak sendiri kemungkinan besar sudah teratasi.

Ganti layar HP

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada layar HP Anda. Anda dapat mencoba untuk mengganti layar HP Anda dengan yang baru.

  • Bawa HP Anda ke tempat servis HP

    Untuk mengganti layar HP, Anda dapat membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat.

  • Jelaskan masalah yang Anda alami

    Setelah itu, jelaskan masalah yang Anda alami kepada teknisi di tempat servis HP.

  • Teknisi akan mengganti layar HP Anda

    Setelah itu, teknisi akan mengganti layar HP Anda dengan yang baru.

  • Coba gunakan HP Anda kembali

    Setelah layar HP diganti, coba gunakan HP Anda kembali. Jika layar HP Anda sudah tidak bergerak sendiri lagi, maka masalah layar HP bergerak sendiri kemungkinan besar sudah teratasi.

Namun, jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengganti layar HP, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat. Teknisi di tempat servis HP akan membantu Anda mengganti layar HP dengan yang baru.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara mengatasi layar HP bergerak sendiri di Android:

Question 1: Apa yang menyebabkan layar HP bergerak sendiri?
Answer 1: Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan layar HP bergerak sendiri, antara lain: layar HP kotor, layar HP rusak, software HP tidak update, atau adanya masalah pada hardware HP.

Question 2: Bagaimana cara membersihkan layar HP yang kotor?
Answer 2: Untuk membersihkan layar HP yang kotor, Anda dapat menggunakan kain lembut yang bersih dan sedikit alkohol. Pastikan Anda membersihkan layar HP dengan hati-hati agar tidak merusak layar HP.

Question 3: Bagaimana cara mengkalibrasi layar HP?
Answer 3: Untuk mengkalibrasi layar HP, Anda dapat masuk ke menu Settings > Display > Calibrate. Setelah itu, ikuti petunjuk yang muncul di layar HP Anda.

Question 4: Bagaimana cara memperbarui software HP?
Answer 4: Untuk memperbarui software HP, Anda dapat masuk ke menu Settings > About phone > Software updates. Setelah itu, periksa apakah ada pembaruan software yang tersedia untuk HP Anda.

Question 5: Bagaimana cara melakukan factory reset pada HP?
Answer 5: Untuk melakukan factory reset pada HP, Anda dapat masuk ke menu Settings > System > Reset options > Factory data reset. Setelah itu, konfirmasi bahwa Anda ingin melakukan factory reset.

Question 6: Bagaimana cara mengganti layar HP?
Answer 6: Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada layar HP Anda. Anda dapat mencoba untuk mengganti layar HP Anda dengan yang baru. Namun, jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengganti layar HP, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan layar HP yang bergerak sendiri, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri di Android:

Pasang pelindung layar
Salah satu cara untuk mencegah layar HP bergerak sendiri adalah dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar dapat membantu melindungi layar HP dari goresan dan debu, yang dapat menyebabkan layar HP bergerak sendiri.

Gunakan aplikasi pengunci layar
Ada beberapa aplikasi pengunci layar yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mencegah layar HP bergerak sendiri. Aplikasi pengunci layar ini akan meminta Anda untuk memasukkan PIN atau pola sebelum Anda dapat menggunakan HP Anda.

Jangan gunakan HP saat sedang diisi daya
Menggunakan HP saat sedang diisi daya dapat menyebabkan layar HP bergerak sendiri. Hal ini karena arus listrik yang masuk ke HP dapat mengganggu sensor layar HP.

Hindari menjatuhkan HP
Menjatuhkan HP dapat merusak layar HP dan menyebabkan layar HP bergerak sendiri. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan HP dan jangan sampai terjatuh.

Jika Anda sudah mencoba semua tips di atas tetapi layar HP Anda masih bergerak sendiri, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat.

Conclusion

Masalah layar HP bergerak sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari masalah software hingga masalah hardware. Namun, sebagian besar masalah layar HP bergerak sendiri dapat diatasi dengan mudah. Anda dapat mencoba beberapa cara yang telah disebutkan di atas untuk mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi layar HP Anda masih bergerak sendiri, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis HP terdekat. Teknisi di tempat servis HP akan membantu Anda mengatasi masalah layar HP bergerak sendiri.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan layar HP Anda dan memasang pelindung layar untuk mencegah layar HP dari goresan dan debu. Hindari juga menggunakan HP saat sedang diisi daya dan jangan sampai HP Anda terjatuh.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *