Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone


Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone

Mode hening pada iPhone merupakan fitur yang berguna untuk mematikan semua suara notifikasi dan panggilan masuk. Fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol “Silent” yang terletak di sisi kiri atas perangkat. Namun, terkadang Anda mungkin lupa untuk menonaktifkan mode hening dan menyebabkan Anda melewatkan panggilan atau pesan penting.

Jika Anda berada dalam situasi ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan mode hening di iPhone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Setelah mengetahui penyebab mode hening aktif di iPhone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkannya:

Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone

Berikut adalah 6 poin penting tentang cara menghilangkan mode hening di iPhone:

  • Periksa tombol “Silent”
  • Buka Pusat Kontrol
  • Nonaktifkan mode “Jangan Ganggu”
  • Restart iPhone
  • Perbarui iOS
  • Hubungi Dukungan Apple

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas tetapi mode hening masih aktif, Anda dapat menghubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Periksa tombol “Silent”

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa tombol “Silent” yang terletak di sisi kiri atas perangkat iPhone. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode hening.

  • Perhatikan posisi tombol.

    Jika tombol “Silent” berwarna oranye dan terdapat garis merah di bagian atasnya, berarti mode hening sedang aktif. Sebaliknya, jika tombol “Silent” berwarna abu-abu dan tidak terdapat garis merah, berarti mode hening tidak aktif.

  • Tekan tombol “Silent” untuk menonaktifkan mode hening.

    Jika mode hening aktif, tekan tombol “Silent” sekali untuk menonaktifkannya. Anda akan mendengar bunyi klik saat tombol ditekan.

  • Periksa kembali apakah mode hening sudah tidak aktif.

    Setelah Anda menekan tombol “Silent”, periksa kembali apakah mode hening sudah tidak aktif. Anda dapat melakukannya dengan memutar musik atau video. Jika suara terdengar, berarti mode hening sudah tidak aktif.

  • Jika mode hening masih aktif, coba langkah berikutnya.

    Jika Anda sudah menekan tombol “Silent” tetapi mode hening masih aktif, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa dan menonaktifkan mode hening di iPhone.

Buka Pusat Kontrol

Pusat Kontrol adalah fitur di iPhone yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai pengaturan dengan cepat, termasuk pengaturan mode hening. Untuk membuka Pusat Kontrol, ikuti langkah-langkah berikut:

Untuk iPhone dengan Face ID:

  1. Geser ke bawah dari sudut kanan atas layar.
  2. Pusat Kontrol akan muncul.

Untuk iPhone dengan Touch ID:

  1. Geser ke atas dari tepi bawah layar.
  2. Pusat Kontrol akan muncul.

Setelah Pusat Kontrol terbuka, Anda dapat menonaktifkan mode hening dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari ikon lonceng dengan garis miring di bagian atasnya.
  2. Ketuk ikon tersebut.
  3. Mode hening akan dinonaktifkan.

Anda juga dapat menggunakan Pusat Kontrol untuk mengatur volume suara dering dan notifikasi. Untuk melakukannya, geser penggeser volume ke atas atau ke bawah.

Setelah Anda selesai mengatur pengaturan suara, tutup Pusat Kontrol dengan menggesek ke bawah dari bagian atas layar (untuk iPhone dengan Face ID) atau dengan menekan tombol Rumah (untuk iPhone dengan Touch ID).

Nonaktifkan mode “Jangan Ganggu”

Mode “Jangan Ganggu” adalah fitur di iPhone yang memungkinkan Anda untuk membungkam semua panggilan masuk, pesan, dan notifikasi lainnya. Jika mode “Jangan Ganggu” aktif, Anda tidak akan mendengar suara dering atau getaran saat ada panggilan atau pesan masuk. Untuk menonaktifkan mode “Jangan Ganggu”, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pusat Kontrol.

    Untuk membuka Pusat Kontrol, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar (untuk iPhone dengan Face ID) atau geser ke atas dari tepi bawah layar (untuk iPhone dengan Touch ID).

  • Cari ikon bulan sabit.

    Ikon bulan sabit terletak di bagian kiri atas Pusat Kontrol.

  • Ketuk ikon bulan sabit.

    Mode “Jangan Ganggu” akan dinonaktifkan.

  • Periksa kembali apakah mode “Jangan Ganggu” sudah tidak aktif.

    Anda dapat memeriksa apakah mode “Jangan Ganggu” sudah tidak aktif dengan melihat ikon bulan sabit di Pusat Kontrol. Jika ikon bulan sabit berwarna abu-abu, berarti mode “Jangan Ganggu” sudah tidak aktif.

Setelah Anda menonaktifkan mode “Jangan Ganggu”, Anda akan mendengar suara dering dan getaran saat ada panggilan atau pesan masuk.

Restart iPhone

Restarting iPhone dapat membantu mengatasi berbagai masalah perangkat lunak, termasuk masalah mode hening yang tidak dapat dinonaktifkan. Untuk merestart iPhone, ikuti langkah-langkah berikut:

Untuk iPhone dengan Face ID:

  1. Tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol daya secara bersamaan.
  2. Lepaskan kedua tombol saat logo Apple muncul.

Untuk iPhone dengan Touch ID:

  1. Tekan dan tahan tombol daya.
  2. Geser penggeser daya ke kanan.
  3. Tunggu beberapa detik hingga iPhone mati.
  4. Tekan dan tahan tombol daya lagi hingga logo Apple muncul.

Setelah iPhone selesai restart, periksa apakah mode hening sudah tidak aktif. Anda dapat melakukannya dengan memutar musik atau video. Jika suara terdengar, berarti mode hening sudah tidak aktif.

Jika mode hening masih aktif setelah Anda merestart iPhone, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Perbarui iOS

Memperbarui iOS ke versi terbaru dapat membantu mengatasi berbagai masalah perangkat lunak, termasuk masalah mode hening yang tidak dapat dinonaktifkan. Untuk memperbarui iOS, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan iPhone ke jaringan Wi-Fi.
  2. Buka aplikasi “Pengaturan”.
  3. Ketuk “Umum”.
  4. Ketuk “Pembaruan Perangkat Lunak”.
  5. Jika pembaruan tersedia, ketuk “Unduh dan Instal”.

Setelah pembaruan selesai diunduh, iPhone akan secara otomatis memulai proses instalasi. Selama proses instalasi, iPhone akan restart beberapa kali. Setelah proses instalasi selesai, periksa apakah mode hening sudah tidak aktif. Anda dapat melakukannya dengan memutar musik atau video. Jika suara terdengar, berarti mode hening sudah tidak aktif.

Jika mode hening masih aktif setelah Anda memperbarui iOS, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Hubungi Dukungan Apple

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas tetapi mode hening masih aktif, Anda dapat menghubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Dukungan Apple tersedia melalui telepon, obrolan online, dan email.

  • Hubungi Dukungan Apple melalui telepon.

    Anda dapat menghubungi Dukungan Apple melalui telepon dengan menghubungi nomor 0800-040-1800. Dukungan Apple tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

  • Hubungi Dukungan Apple melalui obrolan online.

    Anda dapat menghubungi Dukungan Apple melalui obrolan online dengan mengunjungi situs web Dukungan Apple. Dukungan Apple tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

  • Hubungi Dukungan Apple melalui email.

    Anda dapat menghubungi Dukungan Apple melalui email dengan mengirimkan email ke support@apple.com. Dukungan Apple akan merespons email Anda dalam waktu 24 jam.

  • Kunjungi Genius Bar.

    Jika Anda memiliki Apple Store di dekat Anda, Anda dapat mengunjungi Genius Bar untuk mendapatkan bantuan langsung dari teknisi Apple. Genius Bar tersedia selama jam buka Apple Store.

Saat menghubungi Dukungan Apple, pastikan Anda memiliki informasi berikut:

  • Nomor seri iPhone Anda.
  • Versi iOS yang Anda gunakan.
  • Langkah-langkah yang telah Anda coba untuk mengatasi masalah mode hening.

Dengan informasi ini, Dukungan Apple akan dapat membantu Anda mengatasi masalah mode hening di iPhone Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang mode hening di iPhone:

Pertanyaan 1: Apa yang harus saya lakukan jika mode hening tidak dapat dinonaktifkan?
Jawaban 1: Coba restart iPhone Anda. Jika mode hening masih aktif setelah Anda merestart iPhone, perbarui iOS ke versi terbaru. Jika mode hening masih aktif setelah Anda memperbarui iOS, hubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengaktifkan mode hening di iPhone?
Jawaban 2: Anda dapat mengaktifkan mode hening di iPhone dengan menekan tombol “Silent” yang terletak di sisi kiri atas perangkat. Saat mode hening aktif, Anda tidak akan mendengar suara dering atau getaran saat ada panggilan atau pesan masuk.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menonaktifkan mode hening di iPhone?
Jawaban 3: Anda dapat menonaktifkan mode hening di iPhone dengan menekan tombol “Silent” yang terletak di sisi kiri atas perangkat. Anda juga dapat menonaktifkan mode hening melalui Pusat Kontrol. Untuk membuka Pusat Kontrol, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar (untuk iPhone dengan Face ID) atau geser ke atas dari tepi bawah layar (untuk iPhone dengan Touch ID). Setelah Pusat Kontrol terbuka, cari ikon lonceng dengan garis miring di bagian atasnya dan ketuk ikon tersebut.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengatur volume suara dering dan notifikasi di iPhone?
Jawaban 4: Anda dapat mengatur volume suara dering dan notifikasi di iPhone melalui Pusat Kontrol. Untuk membuka Pusat Kontrol, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar (untuk iPhone dengan Face ID) atau geser ke atas dari tepi bawah layar (untuk iPhone dengan Touch ID). Setelah Pusat Kontrol terbuka, cari penggeser volume dan geser ke atas atau ke bawah untuk mengatur volume suara.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” di iPhone?
Jawaban 5: Anda dapat mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” di iPhone melalui Pusat Kontrol. Untuk membuka Pusat Kontrol, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar (untuk iPhone dengan Face ID) atau geser ke atas dari tepi bawah layar (untuk iPhone dengan Touch ID). Setelah Pusat Kontrol terbuka, cari ikon bulan sabit dan ketuk ikon tersebut. Mode “Jangan Ganggu” akan aktif dan Anda tidak akan mendengar suara dering atau getaran saat ada panggilan atau pesan masuk.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menonaktifkan mode “Jangan Ganggu” di iPhone?
Jawaban 6: Anda dapat menonaktifkan mode “Jangan Ganggu” di iPhone melalui Pusat Kontrol. Untuk membuka Pusat Kontrol, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar (untuk iPhone dengan Face ID) atau geser ke atas dari tepi bawah layar (untuk iPhone dengan Touch ID). Setelah Pusat Kontrol terbuka, cari ikon bulan sabit dan ketuk ikon tersebut. Mode “Jangan Ganggu” akan nonaktif dan Anda akan mendengar suara dering atau getaran saat ada panggilan atau pesan masuk.

Demikian beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang mode hening di iPhone. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi Dukungan Apple.

Selain langkah-langkah di atas, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah mode hening di iPhone:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah mode hening di iPhone:

Pastikan tombol “Silent” tidak aktif.
Tombol “Silent” terletak di sisi kiri atas perangkat iPhone. Jika tombol “Silent” berwarna oranye dan terdapat garis merah di bagian atasnya, berarti mode hening sedang aktif. Untuk menonaktifkan mode hening, tekan tombol “Silent” sekali.

Perbarui iOS ke versi terbaru.
Memperbarui iOS ke versi terbaru dapat membantu mengatasi berbagai masalah perangkat lunak, termasuk masalah mode hening yang tidak dapat dinonaktifkan. Untuk memperbarui iOS, buka aplikasi “Pengaturan”, ketuk “Umum”, lalu ketuk “Pembaruan Perangkat Lunak”. Jika pembaruan tersedia, ketuk “Unduh dan Instal”.

Restart iPhone.
Restarting iPhone dapat membantu mengatasi berbagai masalah perangkat lunak, termasuk masalah mode hening yang tidak dapat dinonaktifkan. Untuk merestart iPhone, tekan dan tahan tombol daya hingga slider daya muncul. Geser slider daya ke kanan untuk mematikan iPhone. Setelah iPhone mati, tekan dan tahan tombol daya lagi hingga logo Apple muncul.

Hubungi Dukungan Apple.
Jika Anda telah mencoba semua tips di atas tetapi mode hening masih aktif, Anda dapat menghubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Dukungan Apple tersedia melalui telepon, obrolan online, dan email.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi masalah mode hening di iPhone. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi Dukungan Apple.

Jika Anda telah mencoba semua langkah dan tips di atas tetapi mode hening masih aktif, kemungkinan besar ada masalah perangkat keras pada iPhone Anda. Dalam hal ini, Anda perlu membawa iPhone Anda ke pusat perbaikan resmi Apple untuk diperbaiki.

Kesimpulan

Mode hening adalah fitur yang berguna di iPhone, tetapi terkadang mode hening dapat aktif secara tidak sengaja dan menyebabkan Anda melewatkan panggilan atau pesan penting. Jika Anda mengalami masalah dengan mode hening di iPhone, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Pertama, periksa tombol “Silent” untuk memastikan tombol tersebut tidak aktif. Jika tombol “Silent” aktif, tekan tombol tersebut untuk menonaktifkan mode hening. Kedua, perbarui iOS ke versi terbaru. Memperbarui iOS dapat membantu mengatasi berbagai masalah perangkat lunak, termasuk masalah mode hening yang tidak dapat dinonaktifkan.

Jika kedua langkah tersebut tidak berhasil, coba restart iPhone. Restarting iPhone dapat membantu mengatasi berbagai masalah perangkat lunak, termasuk masalah mode hening yang tidak dapat dinonaktifkan. Terakhir, jika semua langkah tersebut tidak berhasil, Anda dapat menghubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan mode hening di iPhone. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah lain terkait iPhone, jangan ragu untuk menghubungi Dukungan Apple atau mengunjungi situs web Dukungan Apple.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *