Cara Mudah Menghubungkan HP Asus ke TV: Panduan Lengkap


Cara Mudah Menghubungkan HP Asus ke TV: Panduan Lengkap

Cara menghubungkan HP Asus ke TV adalah proses menyambungkan kedua perangkat agar dapat menampilkan konten dari HP pada layar TV yang lebih besar. Contohnya, Anda dapat memutar film, video, atau menampilkan presentasi dari HP Asus ke TV untuk pengalaman menonton atau presentasi yang lebih imersif.

Menghubungkan HP Asus ke TV memiliki beberapa manfaat, seperti kemudahan berbagi konten, meningkatkan kenyamanan menonton, dan memperluas fungsi HP sebagai pusat hiburan. Secara historis, perkembangan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth telah memudahkan proses koneksi antara HP dan TV.

Artikel ini akan membahas secara terperinci cara menghubungkan HP Asus ke TV melalui berbagai metode, termasuk kabel HDMI, Wi-Fi, dan aplikasi pihak ketiga. Kami akan memandu Anda langkah demi langkah untuk menyambungkan kedua perangkat dengan mudah dan efektif.

Cara Menghubungkan HP Asus ke TV

Aspek-aspek berikut sangat penting untuk dipahami dalam proses menghubungkan HP Asus ke TV:

  • Jenis koneksi (kabel, nirkabel)
  • Kompatibilitas perangkat
  • Pengaturan tampilan
  • Resolusi layar
  • Kualitas gambar dan suara
  • Keamanan jaringan
  • Troubleshoot masalah
  • Aplikasi pendukung
  • Pengalaman pengguna

Memahami aspek-aspek ini akan membantu Anda memilih metode koneksi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, memastikan kompatibilitas antara perangkat, dan mengoptimalkan kualitas tampilan dan suara. Selain itu, penting untuk memperhatikan keamanan jaringan dan mengatasi masalah yang mungkin timbul. Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, Anda dapat menikmati pengalaman menghubungkan HP Asus ke TV yang lancar dan memuaskan.

Jenis koneksi (kabel, nirkabel)

Jenis koneksi memainkan peran penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV. Koneksi kabel, seperti HDMI, menawarkan transfer data yang cepat dan stabil, memastikan kualitas gambar dan suara yang optimal. Di sisi lain, koneksi nirkabel, seperti Wi-Fi atau Bluetooth, memberikan kemudahan dan fleksibilitas, memungkinkan Anda menghubungkan perangkat dari jarak jauh tanpa perlu kabel yang mengganggu.

Pemilihan jenis koneksi yang tepat bergantung pada faktor-faktor seperti jarak antara perangkat, kebutuhan kualitas gambar dan suara, serta preferensi pengguna. Misalnya, jika Anda menginginkan pengalaman menonton film atau bermain game dengan kualitas terbaik, koneksi kabel HDMI sangat disarankan. Namun, jika Anda menginginkan opsi yang lebih nyaman dan tidak membatasi pergerakan, koneksi nirkabel seperti Wi-Fi atau Bluetooth dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Memahami jenis koneksi dan implikasinya akan membantu Anda menentukan metode terbaik untuk menghubungkan HP Asus ke TV, memenuhi kebutuhan spesifik Anda, dan memaksimalkan pengalaman hiburan Anda.

Kompatibilitas perangkat

Kompatibilitas perangkat merupakan aspek penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV. Memastikan kompatibilitas yang baik akan menjamin koneksi yang mulus dan optimal antara kedua perangkat.

  • Jenis perangkat

    Pastikan tipe HP Asus dan TV yang digunakan kompatibel satu sama lain. Perbedaan sistem operasi atau versi perangkat lunak dapat memengaruhi kompatibilitas.

  • Port dan konektor

    Periksa apakah HP Asus dan TV memiliki port dan konektor yang sesuai untuk metode koneksi yang diinginkan, seperti HDMI, DisplayPort, atau USB.

  • Fitur dan teknologi

    Fitur tertentu pada HP Asus atau TV, seperti dukungan HDR atau Dolby Atmos, mungkin memerlukan kompatibilitas khusus untuk berfungsi dengan baik.

  • Pembaruan perangkat lunak

    Memastikan perangkat lunak HP Asus dan TV diperbarui ke versi terbaru dapat meningkatkan kompatibilitas dan menyelesaikan masalah koneksi.

Dengan memperhatikan aspek kompatibilitas perangkat, pengguna dapat meminimalkan masalah koneksi, memastikan pengalaman yang lancar dan menyenangkan saat menghubungkan HP Asus ke TV.

Pengaturan tampilan

Pengaturan tampilan memegang peranan krusial dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV. Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan kualitas gambar dan suara yang ditampilkan pada layar TV.

Komponen pengaturan tampilan yang penting meliputi resolusi layar, refresh rate, dan aspek rasio. Resolusi layar menentukan jumlah piksel yang ditampilkan pada layar, dengan resolusi yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail. Refresh rate mengacu pada frekuensi gambar diperbarui pada layar, dengan refresh rate yang lebih tinggi menghasilkan gerakan yang lebih halus. Sementara itu, aspek rasio menentukan proporsi lebar dan tinggi layar.

Pengaturan tampilan yang tepat dapat sangat memengaruhi pengalaman menonton. Misalnya, untuk film dan acara TV, rasio aspek 16:9 biasanya disarankan karena sesuai dengan format standar konten tersebut. Untuk bermain game, refresh rate yang tinggi dapat meningkatkan kelancaran dan mengurangi latensi, memberikan pengalaman bermain yang lebih responsif. Dengan menyesuaikan pengaturan tampilan sesuai dengan kebutuhan spesifik, pengguna dapat memaksimalkan kualitas visual dan menikmati pengalaman yang lebih imersif saat menghubungkan HP Asus ke TV.

Selain pengaturan yang disebutkan di atas, beberapa pengaturan tampilan lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah tingkat kecerahan, kontras, dan saturasi warna. Pengaturan ini dapat disesuaikan untuk mengoptimalkan gambar sesuai dengan preferensi pengguna dan kondisi pencahayaan lingkungan.

Resolusi layar

Resolusi layar berperan penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV, karena menentukan kualitas gambar yang ditampilkan. Semakin tinggi resolusi layar, semakin tajam dan detail gambar yang dihasilkan.

  • Jumlah piksel

    Resolusi layar diukur dalam piksel, yang membentuk gambar pada layar. Resolusi yang lebih tinggi, seperti 1920×1080 (Full HD) atau 3840×2160 (4K), menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam.

  • Ukuran layar

    Ukuran layar, biasanya diukur dalam inci, memengaruhi persepsi resolusi. Resolusi yang sama pada layar yang lebih besar akan menghasilkan gambar yang tampak kurang tajam dibandingkan dengan layar yang lebih kecil.

  • Aspek rasio

    Aspek rasio adalah perbandingan lebar dan tinggi layar. Aspek rasio yang umum digunakan untuk TV adalah 16:9, yang sesuai dengan sebagian besar konten video.

  • Kerapatan piksel

    Kerapatan piksel, diukur dalam piksel per inci (PPI), menentukan seberapa rapat piksel dikemas pada layar. Kerapatan piksel yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih tajam dan mengurangi tampilan piksel individual.

Dengan memahami aspek-aspek resolusi layar, pengguna dapat memilih pengaturan yang optimal untuk pengalaman menonton terbaik saat menghubungkan HP Asus ke TV. Resolusi yang lebih tinggi cocok untuk layar yang lebih besar atau untuk konten yang membutuhkan detail yang lebih tinggi, sementara resolusi yang lebih rendah dapat memadai untuk layar yang lebih kecil atau untuk konten yang kurang menuntut.

Kualitas gambar dan suara

Kualitas gambar dan suara memegang peranan penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV. Koneksi yang optimal memastikan pengalaman menonton yang imersif dan memuaskan, sementara kualitas gambar dan suara yang buruk dapat mengurangi kenikmatan menonton.

Kualitas gambar ditentukan oleh faktor-faktor seperti resolusi layar, tingkat kecerahan, kontras, dan akurasi warna. Resolusi layar yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail, sehingga memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. Tingkat kecerahan dan kontras yang tepat menghasilkan gambar yang jelas dan seimbang, sementara akurasi warna yang baik memastikan warna-warna yang direproduksi secara alami dan realistis.

Kualitas suara juga sangat penting untuk pengalaman menonton yang menyeluruh. TV yang terhubung dengan HP Asus harus mampu menghasilkan suara yang jernih dan seimbang, dengan rentang frekuensi yang lebar dan distorsi minimal. Speaker built-in atau soundbar eksternal dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suara dan menciptakan pengalaman audio yang lebih imersif.

Dengan memahami hubungan antara kualitas gambar dan suara dan cara menghubungkan HP Asus ke TV, pengguna dapat memastikan pengalaman menonton yang optimal. Koneksi yang tepat, pengaturan tampilan yang benar, dan penggunaan perangkat audio berkualitas tinggi dapat secara signifikan meningkatkan kenikmatan menonton film, acara TV, atau konten lainnya pada layar lebar TV.

Keamanan jaringan

Keamanan jaringan memegang peranan penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV. Koneksi nirkabel seperti Wi-Fi atau Bluetooth yang biasa digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat dapat menimbulkan risiko keamanan jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Jaringan yang tidak aman dapat membuat HP Asus dan TV rentan terhadap serangan siber, seperti peretasan, pencurian data, atau penyebaran malware.

Untuk memastikan keamanan jaringan saat menghubungkan HP Asus ke TV, beberapa langkah penting perlu dilakukan. Pertama, gunakan kata sandi yang kuat untuk jaringan Wi-Fi dan aktifkan enkripsi untuk melindungi data yang ditransmisikan. Kedua, perbarui firmware pada HP Asus dan TV secara teratur untuk menambal kerentanan keamanan yang diketahui. Ketiga, nonaktifkan fitur berbagi file dan media yang tidak perlu untuk mengurangi risiko akses tidak sah ke perangkat.

Misalnya, jika HP Asus dan TV terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tidak aman, penyerang dapat mencegat data yang dikirimkan antara kedua perangkat, seperti informasi login atau konten yang ditampilkan. Selain itu, jika firmware pada HP Asus atau TV tidak diperbarui, penyerang dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan untuk mendapatkan akses ke perangkat dan mengendalikannya dari jarak jauh.

Dengan memahami hubungan antara keamanan jaringan dan cara menghubungkan HP Asus ke TV, pengguna dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi perangkat dan data mereka dari potensi ancaman keamanan. Dengan mengimplementasikan praktik keamanan jaringan yang baik, pengguna dapat menikmati pengalaman menonton yang aman dan nyaman saat menghubungkan HP Asus ke TV.

Troubleshoot masalah

Proses Cara Menghubungkan HP Asus ke TV dapat dipengaruhi oleh berbagai masalah yang memerlukan pemecahan masalah (troubleshooting). Troubleshooting merupakan komponen penting dalam keberhasilan menghubungkan HP Asus ke TV, karena memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang terjadi selama proses koneksi.

Beberapa contoh umum masalah yang dapat terjadi saat menghubungkan HP Asus ke TV antara lain: masalah kompatibilitas perangkat, pengaturan tampilan yang tidak tepat, masalah jaringan (koneksi Wi-Fi atau Bluetooth yang tidak stabil), gangguan pada kabel atau port, dan masalah pada perangkat lunak atau firmware. Dalam setiap kasus ini, troubleshooting diperlukan untuk menentukan akar masalah dan menemukan solusi yang tepat.

Pemahaman tentang troubleshooting sangat penting untuk diterapkan dalam praktik. Misalnya, jika pengguna mengalami masalah gambar yang terputus-putus atau terdistorsi saat menghubungkan HP Asus ke TV melalui HDMI, troubleshooting dapat membantu mengidentifikasi apakah masalahnya terletak pada kabel HDMI yang rusak, pengaturan tampilan yang salah, atau masalah pada perangkat itu sendiri. Dengan mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat menikmati pengalaman menonton yang lancar dan optimal.

Dengan demikian, melalui pemahaman tentang hubungan antara Troubleshoot masalah dan Cara Menghubungkan HP Asus ke TV, pengguna dapat secara efektif mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang muncul, memastikan koneksi yang berhasil dan pengalaman menonton yang memuaskan.

Aplikasi pendukung

Aplikasi pendukung memegang peranan penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV. Aplikasi ini menyediakan fungsionalitas tambahan yang menyederhanakan dan meningkatkan proses koneksi, memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan efisien bagi pengguna.

Kehadiran aplikasi pendukung sangat membantu pengguna yang tidak terbiasa dengan pengaturan teknis atau mengalami masalah saat menghubungkan HP Asus ke TV. Dengan menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan panduan langkah demi langkah, aplikasi ini memandu pengguna melalui proses koneksi secara efisien, mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan.

Sebagai contoh, aplikasi seperti Miracast atau Chromecast memungkinkan pengguna untuk mencerminkan layar HP Asus ke TV secara nirkabel. Koneksi tanpa kabel ini memberikan fleksibilitas dan kenyamanan, menghilangkan kerepotan kabel yang mengganggu. Aplikasi lain seperti SmartThings atau Google Home menawarkan kontrol terpadu atas HP Asus dan TV yang terhubung, memungkinkan pengguna untuk mengelola perangkat yang berbeda dari satu platform yang nyaman.

Dengan memahami hubungan antara aplikasi pendukung dan cara menghubungkan HP Asus ke TV, pengguna dapat memaksimalkan potensi perangkat mereka dan menikmati pengalaman hiburan yang lebih baik. Aplikasi ini memainkan peran penting dalam menyederhanakan proses koneksi, meningkatkan kenyamanan, dan membuka berbagai kemungkinan untuk hiburan dan produktivitas.

Pengalaman pengguna

Pengalaman pengguna memiliki hubungan yang erat dengan cara menghubungkan HP Asus ke TV. Pengalaman pengguna mengacu pada kemudahan, kegunaan, dan kepuasan yang dirasakan pengguna saat berinteraksi dengan suatu perangkat atau sistem. Dalam konteks ini, pengalaman pengguna berkaitan dengan kemudahan dan kenyamanan dalam menghubungkan HP Asus ke TV.

Pengalaman pengguna sangat penting dalam cara menghubungkan HP Asus ke TV karena mempengaruhi kepuasan pengguna secara keseluruhan. Pengguna yang mengalami kesulitan atau kebingungan dalam proses koneksi cenderung merasa frustrasi dan tidak puas. Sebaliknya, pengguna yang dapat dengan mudah dan efisien menghubungkan perangkat mereka cenderung memiliki pengalaman positif dan lebih mungkin menggunakan fitur tersebut di masa mendatang.

Sebagai contoh, pengguna yang ingin mencerminkan layar HP Asus ke TV secara nirkabel mungkin lebih memilih aplikasi yang menyediakan antarmuka yang intuitif dan panduan langkah demi langkah dibandingkan dengan metode yang memerlukan konfigurasi teknis yang rumit. Aplikasi yang mudah digunakan dan andal dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan, mendorong penggunaan dan kepuasan.

Dengan memahami hubungan antara pengalaman pengguna dan cara menghubungkan HP Asus ke TV, pengembang dan produsen dapat menciptakan solusi yang lebih intuitif, mudah digunakan, dan memuaskan bagi pengguna. Hal ini pada akhirnya mengarah pada peningkatan adopsi dan penggunaan fitur konektivitas, memperkaya pengalaman hiburan dan produktivitas pengguna.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Cara Menghubungkan HP Asus ke TV

Bagian ini berisi pertanyaan umum dan jawabannya mengenai cara menghubungkan HP Asus ke TV. FAQ ini akan membantu Anda memahami aspek penting dari proses koneksi, mengantisipasi potensi masalah, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.

Pertanyaan 1: Apa saja metode yang dapat digunakan untuk menghubungkan HP Asus ke TV?

Jawaban: Ada beberapa metode yang dapat digunakan, termasuk kabel HDMI, kabel DisplayPort, koneksi nirkabel melalui Wi-Fi atau Bluetooth, dan aplikasi pihak ketiga seperti Miracast atau Chromecast.

Pertanyaan 2: Apa yang harus dilakukan jika HP Asus tidak dapat terhubung ke TV melalui Wi-Fi?

Jawaban: Periksa apakah kedua perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, periksa pengaturan keamanan jaringan, dan pastikan driver jaringan pada HP Asus sudah diperbarui. Anda juga dapat mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan pada HP Asus.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengoptimalkan kualitas gambar dan suara saat menghubungkan HP Asus ke TV?

Jawaban: Pastikan Anda menggunakan kabel berkualitas tinggi, pilih resolusi layar yang sesuai dengan TV Anda, dan sesuaikan pengaturan tampilan pada HP Asus dan TV untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik. Periksa juga pengaturan audio untuk memastikan suara ditransmisikan dengan benar dan sesuai dengan preferensi Anda.

Pertanyaan 4: Apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah pada koneksi kabel antara HP Asus dan TV?

Jawaban: Periksa apakah kabel tersambung dengan benar ke kedua perangkat, ganti kabel jika perlu, dan pastikan port pada HP Asus dan TV berfungsi dengan baik. Anda juga dapat mencoba memperbarui driver tampilan atau kartu grafis pada HP Asus.

Pertanyaan 5: Apakah ada aplikasi atau software yang dapat membantu menghubungkan HP Asus ke TV?

Jawaban: Ya, ada beberapa aplikasi dan software yang dapat membantu, seperti Miracast, Chromecast, atau aplikasi resmi dari produsen TV Anda. Aplikasi ini menyediakan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan dapat menyederhanakan proses koneksi, terutama untuk koneksi nirkabel.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengatasi masalah delay atau lag saat menghubungkan HP Asus ke TV?

Jawaban: Pastikan koneksi Wi-Fi stabil dan memiliki kecepatan yang cukup, perbarui driver jaringan pada HP Asus dan TV, dan kurangi gangguan pada jaringan dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan atau memindahkan penghalang antara perangkat.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat menghubungkan HP Asus ke TV dengan mudah dan optimal, meningkatkan pengalaman hiburan dan produktivitas Anda.

Selanjutnya, kita akan membahas faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih metode koneksi terbaik untuk HP Asus dan TV Anda, mempertimbangkan aspek-aspek seperti kompatibilitas perangkat, kualitas gambar dan suara yang diinginkan, serta kemudahan penggunaan.

Tips Menghubungkan HP Asus ke TV

Untuk memastikan pengalaman menonton yang optimal saat menghubungkan HP Asus ke TV, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Pilih metode koneksi yang sesuai

Pertimbangkan faktor-faktor seperti kompatibilitas perangkat, kualitas gambar dan suara yang diinginkan, serta kemudahan penggunaan saat memilih metode koneksi, baik kabel (HDMI, DisplayPort) atau nirkabel (Wi-Fi, Bluetooth).

Tip 2: Gunakan kabel berkualitas tinggi

Jika menggunakan koneksi kabel, pastikan untuk menggunakan kabel berkualitas tinggi yang mendukung resolusi dan kecepatan refresh rate yang diinginkan. Kabel yang berkualitas buruk dapat menyebabkan masalah seperti gambar yang terputus-putus atau suara yang tidak sinkron.

Tip 3: Sesuaikan pengaturan tampilan

Setelah terhubung, sesuaikan pengaturan tampilan pada HP Asus dan TV untuk mengoptimalkan kualitas gambar. Sesuaikan resolusi, kecerahan, kontras, dan pengaturan lainnya sesuai dengan preferensi Anda dan spesifikasi TV.

Tip 4: Perbarui driver dan firmware

Pastikan driver kartu grafis pada HP Asus dan firmware pada TV selalu diperbarui. Pembaruan ini sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat meningkatkan kualitas koneksi.

Tip 5: Atasi masalah jaringan

Jika menggunakan koneksi nirkabel, pastikan koneksi Wi-Fi stabil dan tidak ada gangguan. Anda juga dapat mencoba mengatur ulang router atau modem jika mengalami masalah koneksi.

Tip 6: Gunakan aplikasi pendukung

Manfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Miracast atau Chromecast untuk mempermudah koneksi nirkabel. Aplikasi ini menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan dapat membantu mengatasi masalah kompatibilitas.

Tip 7: Posisikan perangkat dengan benar

Untuk koneksi nirkabel, posisikan HP Asus dan TV sedekat mungkin dengan router atau titik akses untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Hindari penghalang seperti dinding tebal atau perangkat elektronik yang dapat mengganggu koneksi.

Tip 8: Coba metode lain jika diperlukan

Jika mengalami kesulitan menggunakan satu metode koneksi, jangan ragu untuk mencoba metode lain. Misalnya, jika koneksi HDMI bermasalah, Anda dapat mencoba menggunakan DisplayPort atau koneksi nirkabel.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan kemungkinan koneksi yang berhasil antara HP Asus dan TV, memungkinkan Anda menikmati konten favorit dalam kualitas terbaik.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas faktor-faktor yang dapat memengaruhi kualitas koneksi dan cara mengatasinya, memastikan pengalaman menonton yang lancar dan memuaskan.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengupas tuntas “cara menghubungkan hp Asus ke TV”, menyajikan berbagai metode koneksi, tips untuk mengoptimalkan kualitas, dan mengatasi masalah umum yang mungkin timbul. Melalui pembahasan mendalam ini, beberapa poin utama yang saling berkaitan telah teridentifikasi:

  • Pemilihan metode koneksi yang tepat sangat penting, mempertimbangkan faktor-faktor seperti kompatibilitas perangkat, kualitas gambar dan suara yang diinginkan, serta kemudahan penggunaan.
  • Menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak berkualitas tinggi, seperti kabel HDMI bersertifikat dan driver grafis terkini, dapat meningkatkan stabilitas dan kinerja koneksi.
  • Pemahaman tentang pengaturan tampilan dan jaringan, serta pemecahan masalah dasar, sangat penting untuk memastikan pengalaman menonton yang lancar dan memuaskan.

Kemampuan menghubungkan HP Asus ke TV membuka berbagai kemungkinan untuk menikmati konten hiburan, meningkatkan produktivitas, dan memperluas pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah diuraikan, pembaca dapat memaksimalkan potensi koneksi ini dan menikmati konten favorit mereka dengan kenyamanan dan kualitas optimal.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *