Cara Membuat Tulisan Vertikal di Word


Cara Membuat Tulisan Vertikal di Word

Dalam pengolahan kata, terkadang kita membutuhkan teks yang ditulis secara vertikal, seperti untuk membuat poster, brosur, atau undangan. Microsoft Word menyediakan fitur yang memungkinkan kita untuk membuat teks vertikal dengan mudah.

Di Microsoft Word, ada dua cara untuk membuat teks vertikal. Cara pertama adalah dengan menggunakan Text Direction, dan cara kedua adalah dengan menggunakan Orientation.

Di bagian selanjutnya, kita akan membahas kedua cara tersebut secara lebih rinci.

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Word

Berikut adalah 6 hal penting yang perlu Anda ketahui untuk membuat tulisan vertikal di Word:

  • Gunakan Text Direction
  • Pilih Orientation
  • Atur Margin
  • Manfaatkan Line Spacing
  • Perhatikan Font
  • Gunakan Wrapping

Dengan memahami 6 hal ini, Anda dapat membuat tulisan vertikal di Word dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gunakan Text Direction

Cara pertama untuk membuat tulisan vertikal di Word adalah dengan menggunakan fitur Text Direction. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah arah teks dari horizontal menjadi vertikal.

Untuk menggunakan fitur Text Direction, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Blok teks yang ingin Anda buat vertikal.
  2. Klik tab Layout pada pita menu.
  3. Di grup Page Setup, klik tombol Text Direction.
  4. Pilih Vertical dari menu tarik-turun.

Setelah Anda memilih Vertical, teks yang diblok akan berubah menjadi vertikal. Anda dapat menyesuaikan posisi teks vertikal tersebut dengan mengatur margin dan line spacing.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua font mendukung penulisan vertikal. Jika Anda menggunakan font yang tidak mendukung penulisan vertikal, teks akan tetap horizontal meskipun Anda telah mengubah Text Direction menjadi Vertical.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan fitur Text Direction, pastikan Anda memilih font yang mendukung penulisan vertikal.

Pilih Orientation

Cara kedua untuk membuat tulisan vertikal di Word adalah dengan menggunakan fitur Orientation. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah orientasi halaman dari Portrait (vertikal) menjadi Landscape (horizontal) atau sebaliknya.

Untuk menggunakan fitur Orientation, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tab Page Layout pada pita menu.
  2. Di grup Page Setup, klik tombol Orientation.
  3. Pilih Landscape dari menu tarik-turun.

Setelah Anda memilih Landscape, orientasi halaman akan berubah menjadi horizontal. Anda dapat mengetik teks secara horizontal seperti biasa. Namun, jika Anda ingin membuat tulisan vertikal, Anda perlu menggunakan fitur Text Direction yang telah dijelaskan sebelumnya.

Keuntungan menggunakan fitur Orientation untuk membuat tulisan vertikal adalah Anda dapat mengatur margin dan line spacing dengan lebih mudah. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang font yang tidak mendukung penulisan vertikal.

Namun, perlu diingat bahwa mengubah orientasi halaman dapat mempengaruhi tata letak dokumen Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengatur ulang tata letak dokumen setelah mengubah orientasi halaman.

Atur Margin

Setelah Anda membuat tulisan vertikal, Anda perlu mengatur margin agar teks terlihat rapi dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengatur margin, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tab Page Layout pada pita menu.
  2. Di grup Page Setup, klik tombol Margins.
  3. Pilih Custom Margins dari menu tarik-turun.
  4. Atur nilai margin sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur margin kiri dan kanan menjadi 2 cm, dan margin atas dan bawah menjadi 3 cm.
  5. Klik OK untuk menyimpan pengaturan margin.

Setelah Anda mengatur margin, teks vertikal akan terlihat lebih rapi dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perlu diingat bahwa pengaturan margin dapat mempengaruhi tata letak dokumen Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengatur ulang tata letak dokumen setelah mengatur margin.

Selain mengatur margin, Anda juga dapat mengatur line spacing agar teks vertikal terlihat lebih mudah dibaca. Untuk mengatur line spacing, ikuti langkah-langkah berikut:

Manfaatkan Line Spacing

Line spacing adalah jarak antara baris teks. Mengatur line spacing dengan tepat dapat membuat teks vertikal lebih mudah dibaca dan terlihat lebih rapi.

Untuk mengatur line spacing, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Blok teks vertikal yang ingin Anda atur line spacing-nya.
  2. Klik tab Home pada pita menu.
  3. Di grup Paragraph, klik tombol Line Spacing.
  4. Pilih Line Spacing Options dari menu tarik-turun.
  5. Atur nilai line spacing sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur line spacing menjadi 1,5 atau 2.
  6. Klik OK untuk menyimpan pengaturan line spacing.

Setelah Anda mengatur line spacing, teks vertikal akan terlihat lebih mudah dibaca dan lebih rapi.

Perlu diingat bahwa mengatur line spacing dapat mempengaruhi tata letak dokumen Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengatur ulang tata letak dokumen setelah mengatur line spacing.

Selain mengatur margin dan line spacing, Anda juga dapat memperhatikan pemilihan font agar teks vertikal terlihat lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan Font

Pemilihan font yang tepat dapat membuat teks vertikal terlihat lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih font untuk teks vertikal:

  • Gunakan font yang mudah dibaca

    Pilih font yang jelas dan mudah dibaca, terutama jika teks vertikal Anda akan digunakan untuk dokumen resmi atau presentasi. Hindari menggunakan font yang terlalu dekoratif atau sulit dibaca.

  • Pilih font yang sesuai dengan ukuran teks

    Jika teks vertikal Anda berukuran kecil, pilih font yang ramping dan mudah dibaca. Sebaliknya, jika teks vertikal Anda berukuran besar, Anda dapat memilih font yang lebih tebal dan dekoratif.

  • Gunakan font yang mendukung penulisan vertikal

    Tidak semua font mendukung penulisan vertikal. Pastikan Anda memilih font yang mendukung penulisan vertikal sebelum membuat teks vertikal. Anda dapat memeriksa apakah suatu font mendukung penulisan vertikal dengan mengetikkan beberapa karakter secara vertikal di Microsoft Word.

  • Pertimbangkan font yang sesuai dengan tema dokumen

    Pilih font yang sesuai dengan tema dokumen Anda. Misalnya, jika Anda membuat dokumen tentang sejarah, Anda dapat memilih font yang klasik dan elegan. Jika Anda membuat dokumen tentang teknologi, Anda dapat memilih font yang modern dan minimalis.

Dengan memperhatikan pemilihan font, Anda dapat membuat teks vertikal yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gunakan Wrapping

Wrapping adalah fitur dalam Microsoft Word yang memungkinkan Anda untuk mengatur posisi teks vertikal di sekitar objek lain dalam dokumen, seperti gambar atau tabel. Dengan menggunakan wrapping, Anda dapat membuat teks vertikal terlihat lebih rapi dan teratur.

  • Gunakan Square wrapping untuk teks yang mengelilingi objek

    Square wrapping membuat teks vertikal mengelilingi objek secara merata di semua sisi. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin teks vertikal terlihat seperti bingkai di sekitar objek.

  • Gunakan Tight wrapping untuk teks yang menempel pada objek

    Tight wrapping membuat teks vertikal menempel pada objek sedekat mungkin. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin teks vertikal terlihat seperti label pada objek.

  • Gunakan Through wrapping untuk teks yang melewati objek

    Through wrapping membuat teks vertikal melewati objek. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin teks vertikal terlihat seperti mengalir di sekitar objek.

  • Gunakan Top and bottom wrapping untuk teks yang berada di atas dan di bawah objek

    Top and bottom wrapping membuat teks vertikal berada di atas dan di bawah objek. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin teks vertikal terlihat seperti judul atau keterangan pada objek.

Untuk mengatur wrapping, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada objek yang ingin Anda atur wrapping-nya.
  2. Pilih Format Object dari menu tarik-turun.
  3. Klik tab Layout.
  4. Pilih jenis wrapping yang diinginkan dari grup Wrapping.
  5. Klik OK untuk menyimpan pengaturan wrapping.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang membuat tulisan vertikal di komputer using Microsoft Word:

Question 1: Bagaimana cara membuat tulisan vertikal di komputer?
Answer 1: Ada dua cara untuk membuat tulisan vertikal di komputer menggunakan Microsoft Word. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur Text Direction, dan cara kedua adalah dengan menggunakan fitur Orientation.

Question 2: Fitur Text Direction itu apa?
Answer 2: Fitur Text Direction memungkinkan Anda untuk mengubah arah teks dari horizontal menjadi vertikal.

Question 3: Bagaimana cara menggunakan fitur Text Direction?
Answer 3: Untuk menggunakan fitur Text Direction, blok teks yang ingin Anda buat vertikal, lalu klik tab Layout pada pita menu. Di grup Page Setup, klik tombol Text Direction dan pilih Vertical dari menu tarik-turun.

Question 4: Fitur Orientation itu apa?
Answer 4: Fitur Orientation memungkinkan Anda untuk mengubah orientasi halaman dari Portrait (vertikal) menjadi Landscape (horizontal) atau sebaliknya.

Question 5: Bagaimana cara menggunakan fitur Orientation?
Answer 5: Untuk menggunakan fitur Orientation, klik tab Page Layout pada pita menu. Di grup Page Setup, klik tombol Orientation dan pilih Landscape dari menu tarik-turun.

Question 6: Bagaimana cara mengatur margin untuk tulisan vertikal?
Answer 6: Untuk mengatur margin untuk tulisan vertikal, klik tab Page Layout pada pita menu. Di grup Page Setup, klik tombol Margins dan pilih Custom Margins dari menu tarik-turun. Atur nilai margin sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Question 7: Bagaimana cara mengatur line spacing untuk tulisan vertikal?
Answer 7: Untuk mengatur line spacing untuk tulisan vertikal, blok teks yang ingin Anda atur line spacing-nya, lalu klik tab Home pada pita menu. Di grup Paragraph, klik tombol Line Spacing dan pilih Line Spacing Options dari menu tarik-turun. Atur nilai line spacing sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Question 8: Bagaimana cara memilih font yang tepat untuk tulisan vertikal?
Answer 8: Untuk memilih font yang tepat untuk tulisan vertikal, pertimbangkan beberapa hal berikut:



Gunakan font yang mudah dibaca, terutama jika teks vertikal Anda akan digunakan untuk dokumen resmi atau presentasi.
Pilih font yang sesuai dengan ukuran teks.
Gunakan font yang mendukung penulisan vertikal.
Pertimbangkan font yang sesuai dengan tema dokumen.

Question 9: Bagaimana cara menggunakan fitur Wrapping untuk mengatur posisi tulisan vertikal di sekitar objek?
Answer 9: Untuk menggunakan fitur Wrapping untuk mengatur posisi tulisan vertikal di sekitar objek, klik kanan pada objek yang ingin Anda atur wrapping-nya, lalu pilih Format Object dari menu tarik-turun. Klik tab Layout, lalu pilih jenis wrapping yang diinginkan dari grup Wrapping.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang membuat tulisan vertikal di komputer menggunakan Microsoft Word. Semoga bermanfaat!

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat tulisan vertikal yang menarik dan efektif:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat tulisan vertikal yang menarik dan efektif di komputer menggunakan Microsoft Word:

Gunakan font yang mudah dibaca. Pilih font yang jelas dan mudah dibaca, terutama jika teks vertikal Anda akan digunakan untuk dokumen resmi atau presentasi. Hindari menggunakan font yang terlalu dekoratif atau sulit dibaca.

Pilih font yang sesuai dengan ukuran teks. Jika teks vertikal Anda berukuran kecil, pilih font yang ramping dan mudah dibaca. Sebaliknya, jika teks vertikal Anda berukuran besar, Anda dapat memilih font yang lebih tebal dan dekoratif.

Gunakan wrapping untuk mengatur posisi tulisan vertikal di sekitar objek. Fitur wrapping memungkinkan Anda untuk mengatur posisi teks vertikal di sekitar objek lain dalam dokumen, seperti gambar atau tabel. Dengan menggunakan wrapping, Anda dapat membuat teks vertikal terlihat lebih rapi dan teratur.

Pertimbangkan untuk menggunakan drop caps. Drop caps adalah huruf kapital besar yang ditempatkan di awal paragraf. Drop caps dapat membuat teks vertikal terlihat lebih menarik dan mudah dibaca.

Gunakan warna yang kontras. Untuk membuat teks vertikal lebih mudah dibaca, gunakan warna yang kontras antara teks dan latar belakang. Misalnya, Anda dapat menggunakan teks berwarna putih pada latar belakang berwarna hitam.

Demikian beberapa tips untuk membuat tulisan vertikal yang menarik dan efektif di komputer menggunakan Microsoft Word. Semoga bermanfaat!

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda dapat membuat tulisan vertikal yang menarik dan efektif untuk berbagai keperluan. Selamat mencoba!

Conclusion

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana cara membuat tulisan vertikal di komputer menggunakan Microsoft Word. Kita telah mempelajari dua cara untuk membuat tulisan vertikal, yaitu dengan menggunakan fitur Text Direction dan Orientation. Kita juga telah membahas bagaimana cara mengatur margin, line spacing, font, dan wrapping untuk membuat tulisan vertikal yang menarik dan efektif.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan, Anda dapat membuat tulisan vertikal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik untuk membuat poster, brosur, undangan, atau dokumen lainnya, tulisan vertikal dapat membuat dokumen Anda terlihat lebih menarik dan mudah dibaca.

Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan tulisan vertikal di komputer menggunakan Microsoft Word. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat membuat tulisan vertikal yang unik dan berkesan.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *