Cara Screenshot di iPad Tanpa Tombol Dengan Mudah


Cara Screenshot di iPad Tanpa Tombol Dengan Mudah

Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana Anda ingin mengambil tangkapan layar di iPad Anda, tetapi tombol daya dan volume rusak atau tidak berfungsi? Jangan khawatir, ada cara untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk mengambil tangkapan layar tanpa tombol pada iPad Anda.

Tangkapan layar atau screenshot merupakan fitur penting pada perangkat elektronik seperti iPad. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari tampilan layar perangkat Anda. Tangkapan layar dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menyimpan informasi penting, berbagi momen menarik, atau melaporkan masalah. Pada umumnya, tangkapan layar dapat diambil dengan menekan kombinasi tombol tertentu pada perangkat Anda. Namun, bagaimana jika tombol-tombol tersebut rusak atau tidak berfungsi? Jangan khawatir, pada artikel ini kita akan membahas cara mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun.

Sekarang, mari kita mulai dengan langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa tombol:

Cara Screenshots di iPad Tanpa Tombol Dengan Mudah

Berikut adalah 6 poin penting tentang cara mengambil tangkapan layar di iPad tanpa tombol:

  • Gunakan AssistiveTouch
  • Atur Gestur Screenshot
  • Gunakan Kontrol Suara
  • Sambungkan Keyboard Eksternal
  • Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
  • Gunakan Fitur Perekaman Layar

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Metode ini sangat berguna jika tombol daya dan volume pada iPad Anda rusak atau tidak berfungsi.

Gunakan AssistiveTouch

AssistiveTouch adalah fitur aksesibilitas pada iPad yang memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat Anda tanpa menggunakan tombol fisik. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan AssistiveTouch untuk mengambil tangkapan layar di iPad:

1. Buka Pengaturan > Umum > Aksesibilitas.

2. Ketuk AssistiveTouch dan aktifkan.

3. Ketuk Kustomisasi Menu Tingkat Atas.

4. Pilih ikon yang ingin Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. Misalnya, Anda dapat memilih ikon “Tangkapan Layar”.

5. Ketuk Selesai.

Sekarang, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.

2. Ketuk ikon AssistiveTouch yang muncul di layar.

3. Ketuk ikon “Tangkapan Layar” yang telah Anda pilih sebelumnya.

Tangkapan layar akan diambil dan disimpan di aplikasi Foto. Anda dapat mengakses tangkapan layar tersebut dengan membuka aplikasi Foto dan memilih album “Tangkapan Layar”.

Dengan menggunakan AssistiveTouch, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Fitur ini sangat berguna jika tombol daya dan volume pada iPad Anda rusak atau tidak berfungsi.

Atur Gestur Screenshot

iPad memiliki fitur Gestur Screenshot yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan gerakan jari. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menggunakan tombol apa pun.

  • Geser Tiga Jari ke Atas

    Untuk mengambil tangkapan layar dengan gerakan ini, cukup geser tiga jari Anda ke atas dari bagian bawah layar. Tangkapan layar akan diambil dan disimpan di aplikasi Foto.

  • Ketuk Dua Kali dengan Tiga Jari

    Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dengan mengetuk dua kali dengan tiga jari di bagian belakang iPad. Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu di Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Ketuk Belakang.

  • Gunakan Pensil Apple

    Jika Anda memiliki Pensil Apple, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar dengan mengetuk dua kali pada layar dengan Pensil Apple. Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu di Pengaturan > Pensil Apple.

  • Gunakan Keyboard Eksternal

    Jika Anda menggunakan keyboard eksternal dengan iPad, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol Command + Shift + 3.

Dengan mengatur gestur screenshot, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Fitur ini sangat berguna jika tombol daya dan volume pada iPad Anda rusak atau tidak berfungsi.

Gunakan Kontrol Suara

Kontrol Suara adalah fitur aksesibilitas pada iPad yang memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat Anda menggunakan perintah suara. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Kontrol Suara untuk mengambil tangkapan layar di iPad:

  • Aktifkan Kontrol Suara

    Untuk mengaktifkan Kontrol Suara, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Kontrol Suara dan aktifkan.

  • Ucapkan Perintah “Ambil Tangkapan Layar”

    Setelah Kontrol Suara diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengucapkan perintah “Ambil Tangkapan Layar”.

  • Pilih Lokasi Penyimpanan

    Setelah Anda mengucapkan perintah “Ambil Tangkapan Layar”, Kontrol Suara akan menanyakan lokasi penyimpanan tangkapan layar. Anda dapat memilih untuk menyimpan tangkapan layar di aplikasi Foto atau di lokasi lain.

  • Konfirmasi Pengambilan Tangkapan Layar

    Setelah Anda memilih lokasi penyimpanan, Kontrol Suara akan meminta Anda untuk mengonfirmasi pengambilan tangkapan layar. Ucapkan “Ya” untuk mengonfirmasi atau “Tidak” untuk membatalkan.

Dengan menggunakan Kontrol Suara, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Fitur ini sangat berguna jika tombol daya dan volume pada iPad Anda rusak atau tidak berfungsi.

Sambungkan Keyboard Eksternal

Jika Anda memiliki keyboard eksternal, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan keyboard eksternal untuk mengambil tangkapan layar di iPad:

1. Sambungkan keyboard eksternal ke iPad Anda.

2. Tekan tombol Command + Shift + 3.

Tangkapan layar akan diambil dan secara otomatis disimpan di aplikasi Foto. Anda dapat mengakses tangkapan layar tersebut dengan membuka aplikasi Foto dan memilih album “Tangkapan Layar”.

Jika Anda menggunakan keyboard eksternal dengan tombol khusus untuk mengambil tangkapan layar, Anda dapat menggunakan tombol tersebut untuk mengambil tangkapan layar tanpa perlu menekan kombinasi tombol Command + Shift + 3.

Dengan menggunakan keyboard eksternal, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol apa pun. Fitur ini sangat berguna jika tombol daya dan volume pada iPad Anda rusak atau tidak berfungsi.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan iPad, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

  • AssistiveTouch

    AssistiveTouch adalah aplikasi yang menyediakan berbagai fitur aksesibilitas, termasuk kemampuan untuk mengambil tangkapan layar. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari App Store.

  • Screenshot Easy

    Screenshot Easy adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan berbagai cara, termasuk dengan gerakan jari atau dengan tombol volume. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari App Store.

  • Screen Master

    Screen Master adalah aplikasi yang menawarkan berbagai fitur untuk mengambil dan mengedit tangkapan layar. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari App Store.

Setelah Anda menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Gunakan Fitur Perekaman Layar

iPad memiliki fitur Perekaman Layar yang memungkinkan Anda untuk merekam aktivitas di layar. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Perekaman Layar untuk mengambil tangkapan layar di iPad:

1. Buka Pusat Kontrol dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas layar.

2. Ketuk tombol Perekaman Layar.

3. Setelah perekaman dimulai, ketuk tombol Berhenti di bilah status atau Pusat Kontrol untuk menghentikan perekaman.

4. Setelah perekaman dihentikan, Anda akan melihat pratinjau tangkapan layar. Ketuk pratinjau tersebut untuk mengedit atau menyimpan tangkapan layar.

Tangkapan layar yang diambil menggunakan fitur Perekaman Layar akan disimpan di aplikasi Foto. Anda dapat mengakses tangkapan layar tersebut dengan membuka aplikasi Foto dan memilih album “Tangkapan Layar”.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol:

Question 1: Bagaimana cara mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol daya dan volume?
Answer 1: Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol daya dan volume, seperti menggunakan AssistiveTouch, mengatur gestur screenshot, menggunakan Kontrol Suara, menyambungkan keyboard eksternal, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan menggunakan fitur Perekaman Layar.

Question 2: Apa itu AssistiveTouch dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar?
Answer 2: AssistiveTouch adalah fitur aksesibilitas pada iPad yang memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat Anda tanpa menggunakan tombol fisik. Untuk menggunakan AssistiveTouch untuk mengambil tangkapan layar, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di Pengaturan > Umum > Aksesibilitas. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengetuk ikon AssistiveTouch yang muncul di layar dan memilih opsi “Tangkapan Layar”.

Question 3: Bagaimana cara mengatur gestur screenshot di iPad?
Answer 3: Untuk mengatur gestur screenshot di iPad, Anda perlu masuk ke Pengaturan > Umum > Gerakan. Di sana, Anda dapat mengaktifkan gestur “Geser Tiga Jari ke Atas” atau “Ketuk Dua Kali dengan Tiga Jari” untuk mengambil tangkapan layar.

Question 4: Bagaimana cara menggunakan Kontrol Suara untuk mengambil tangkapan layar?
Answer 4: Untuk menggunakan Kontrol Suara untuk mengambil tangkapan layar, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di Pengaturan > Aksesibilitas > Kontrol Suara. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengucapkan perintah “Ambil Tangkapan Layar”.

Question 5: Bisakah saya menggunakan keyboard eksternal untuk mengambil tangkapan layar di iPad?
Answer 5: Ya, Anda dapat menggunakan keyboard eksternal untuk mengambil tangkapan layar di iPad dengan menekan tombol Command + Shift + 3.

Question 6: Adakah aplikasi pihak ketiga yang dapat saya gunakan untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol?
Answer 6: Ya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol, seperti AssistiveTouch, Screenshot Easy, dan Screen Master.

Question 7: Bagaimana cara menggunakan fitur Perekaman Layar untuk mengambil tangkapan layar?
Answer 7: Anda dapat menggunakan fitur Perekaman Layar untuk mengambil tangkapan layar dengan membuka Pusat Kontrol dan mengetuk tombol Perekaman Layar. Setelah perekaman dimulai, Anda dapat menghentikannya dengan mengetuk tombol Berhenti di bilah status atau Pusat Kontrol. Setelah perekaman dihentikan, Anda akan melihat pratinjau tangkapan layar. Ketuk pratinjau tersebut untuk mengedit atau menyimpan tangkapan layar.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengambil tangkapan layar di iPad:

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengambil tangkapan layar di iPad:

Tip 1: Gunakan kombinasi tombol yang tepat
Jika Anda menggunakan keyboard eksternal, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Command + Shift + 3 untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar. Untuk mengambil tangkapan layar sebagian layar, gunakan kombinasi tombol Command + Shift + 4, lalu seret kursor untuk memilih area yang ingin Anda tangkap.

Tip 2: Gunakan gerakan jari
Anda juga dapat menggunakan gerakan jari untuk mengambil tangkapan layar. Untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar, geser tiga jari Anda ke atas dari bagian bawah layar. Untuk mengambil tangkapan layar sebagian layar, geser tiga jari Anda ke dalam dari salah satu sudut layar.

Tip 3: Gunakan AssistiveTouch
Jika Anda kesulitan menggunakan tombol atau gerakan jari, Anda dapat menggunakan fitur AssistiveTouch untuk mengambil tangkapan layar. Untuk mengaktifkan AssistiveTouch, buka Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > AssistiveTouch. Setelah diaktifkan, Anda akan melihat ikon AssistiveTouch muncul di layar. Ketuk ikon tersebut dan pilih “Tangkapan Layar” untuk mengambil tangkapan layar.

Tip 4: Gunakan aplikasi pihak ketiga
Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di iPad. Beberapa aplikasi tersebut menawarkan fitur tambahan, seperti kemampuan untuk mengedit tangkapan layar atau membagikannya langsung ke media sosial.

Demikian beberapa tips tambahan untuk mengambil tangkapan layar di iPad. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda.

Demikian artikel tentang cara mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Conclusion

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di iPad tanpa menggunakan tombol. Metode-metode yang telah dijelaskan meliputi penggunaan AssistiveTouch, pengaturan gestur screenshot, penggunaan Kontrol Suara, penyambungan keyboard eksternal, penggunaan aplikasi pihak ketiga, dan penggunaan fitur Perekaman Layar.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Misalnya, jika Anda sering menggunakan iPad dengan satu tangan, Anda mungkin ingin menggunakan AssistiveTouch atau gerakan jari untuk mengambil tangkapan layar. Jika Anda menggunakan keyboard eksternal, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga menggunakan iPad.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *