Cara Membuat Broadcast di WhatsApp


Cara Membuat Broadcast di WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan paling populer di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan file lainnya kepada teman, keluarga, dan kontak lainnya. Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur broadcast yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang sama ke banyak kontak sekaligus.

Fitur broadcast sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti menyebarkan informasi penting, mengirimkan undangan acara, atau mempromosikan produk atau jasa. Untuk membuat broadcast di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

Setelah memahami cara membuat broadcast di WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk berbagai keperluan. Misalnya, Anda dapat menggunakan broadcast untuk:

Cara Membuat Broadcast di WhatsApp

Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk membuat broadcast di WhatsApp:

  • Buka WhatsApp
  • Ketuk tiga titik
  • Pilih Broadcast baru
  • Pilih kontak
  • Tulis pesan
  • Kirim pesan

Setelah memahami cara membuat broadcast di WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk berbagai keperluan.

Buka WhatsApp

Langkah pertama untuk membuat broadcast di WhatsApp adalah membuka aplikasi WhatsApp. Jika Anda belum menginstal WhatsApp, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

  • Ketuk ikon WhatsApp

    Ikon WhatsApp biasanya berwarna hijau dengan logo telepon di dalamnya. Ikon ini biasanya terletak di layar beranda atau di laci aplikasi.

  • Masuk ke akun WhatsApp Anda

    Jika Anda belum masuk ke akun WhatsApp Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon dan kode verifikasi. Setelah Anda berhasil masuk, Anda akan dibawa ke layar utama WhatsApp.

  • Ketuk tiga titik di pojok kanan atas

    Ini akan membuka menu opsi. Pilih “Broadcast baru” dari menu.

  • Pilih kontak yang ingin Anda kirimi broadcast

    Anda dapat memilih hingga 256 kontak untuk menerima broadcast Anda. Untuk memilih kontak, cukup ketuk nama mereka di daftar kontak. Anda juga dapat menggunakan kotak pencarian untuk menemukan kontak tertentu.

Setelah Anda memilih semua kontak yang ingin Anda kirimi broadcast, ketuk tombol “Buat” di pojok kanan atas. Anda sekarang siap untuk menulis pesan broadcast Anda.

Ketuk tiga titik

Setelah membuka WhatsApp dan memilih kontak yang ingin dikirimi broadcast, langkah selanjutnya adalah mengetuk tiga titik di pojok kanan atas layar.

  • Cari ikon tiga titik

    Ikon tiga titik biasanya terletak di pojok kanan atas layar, di sebelah ikon pencarian. Ikon ini mungkin terlihat berbeda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

  • Ketuk ikon tiga titik

    Setelah Anda menemukan ikon tiga titik, ketuk ikon tersebut. Ini akan membuka menu opsi.

  • Pilih “Broadcast baru”

    Setelah Anda mengetuk ikon tiga titik, Anda akan melihat menu opsi. Pilih opsi “Broadcast baru” dari menu tersebut.

  • Pilih kontak yang ingin Anda kirimi broadcast

    Setelah Anda memilih “Broadcast baru”, Anda akan diminta untuk memilih kontak yang ingin Anda kirimi broadcast. Anda dapat memilih hingga 256 kontak untuk menerima broadcast Anda. Untuk memilih kontak, cukup ketuk nama mereka di daftar kontak. Anda juga dapat menggunakan kotak pencarian untuk menemukan kontak tertentu.

Setelah Anda memilih semua kontak yang ingin Anda kirimi broadcast, ketuk tombol “Buat” di pojok kanan atas. Anda sekarang siap untuk menulis pesan broadcast Anda.

Pilih Broadcast baru

Setelah mengetuk tiga titik di pojok kanan atas layar dan memilih kontak yang ingin dikirimi broadcast, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Broadcast baru”.

  • Cari opsi “Broadcast baru”

    Setelah Anda mengetuk tiga titik, Anda akan melihat menu opsi. Opsi “Broadcast baru” biasanya terletak di bagian atas menu tersebut.

  • Ketuk opsi “Broadcast baru”

    Setelah Anda menemukan opsi “Broadcast baru”, ketuk opsi tersebut. Ini akan membuka jendela baru tempat Anda dapat memilih kontak yang ingin dikirimi broadcast.

  • Pilih kontak yang ingin Anda kirimi broadcast

    Setelah Anda memilih “Broadcast baru”, Anda akan diminta untuk memilih kontak yang ingin Anda kirimi broadcast. Anda dapat memilih hingga 256 kontak untuk menerima broadcast Anda. Untuk memilih kontak, cukup ketuk nama mereka di daftar kontak. Anda juga dapat menggunakan kotak pencarian untuk menemukan kontak tertentu.

  • Ketuk tombol “Buat”

    Setelah Anda memilih semua kontak yang ingin Anda kirimi broadcast, ketuk tombol “Buat” di pojok kanan atas layar. Ini akan membuat broadcast baru dan membawa Anda ke jendela tempat Anda dapat menulis pesan broadcast Anda.

Sekarang Anda dapat menulis pesan broadcast Anda dan mengirimkannya ke semua kontak yang telah Anda pilih.

Pilih kontak

Setelah memilih opsi “Broadcast baru”, langkah selanjutnya adalah memilih kontak yang ingin Anda kirimi broadcast.

  • Cari daftar kontak

    Setelah Anda memilih opsi “Broadcast baru”, Anda akan melihat daftar kontak Anda. Daftar kontak ini mungkin berbeda tergantung pada pengaturan privasi Anda.

  • Gulir daftar kontak

    Gunakan jari Anda untuk menggulir daftar kontak hingga Anda menemukan kontak yang ingin Anda kirimi broadcast.

  • Ketuk nama kontak

    Setelah Anda menemukan kontak yang ingin Anda kirimi broadcast, ketuk nama mereka. Ini akan menambahkan mereka ke daftar penerima broadcast Anda.

  • Ulangi langkah 3 untuk semua kontak

    Ulangi langkah 3 untuk semua kontak yang ingin Anda kirimi broadcast. Anda dapat memilih hingga 256 kontak untuk menerima broadcast Anda.

Setelah Anda memilih semua kontak yang ingin Anda kirimi broadcast, ketuk tombol “Buat” di pojok kanan atas layar. Ini akan membuat broadcast baru dan membawa Anda ke jendela tempat Anda dapat menulis pesan broadcast Anda.

Tulis pesan

Setelah memilih kontak yang ingin dikirimi broadcast, langkah selanjutnya adalah menulis pesan broadcast Anda. Anda dapat menulis pesan teks, menambahkan emoji, atau melampirkan file seperti gambar, video, atau dokumen.

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis pesan broadcast yang efektif:

  • Buat pesan yang singkat dan jelas. Orang-orang lebih cenderung membaca pesan yang singkat dan mudah dipahami.
  • Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Hindari menggunakan istilah teknis atau jargon yang mungkin tidak dipahami oleh semua penerima Anda.
  • Sertakan ajakan bertindak. Beri tahu penerima Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan setelah membaca pesan Anda. Misalnya, Anda dapat meminta mereka untuk mengunjungi situs web Anda, mendaftar ke milis Anda, atau melakukan pembelian.
  • Personalisasi pesan Anda. Jika memungkinkan, sesuaikan pesan Anda dengan setiap penerima. Misalnya, Anda dapat menggunakan nama mereka atau menyebutkan sesuatu yang spesifik tentang mereka.

Setelah Anda selesai menulis pesan broadcast Anda, ketuk tombol “Kirim” untuk mengirimkannya ke semua penerima yang telah Anda pilih.

Selain tips di atas, berikut adalah beberapa hal tambahan yang perlu diperhatikan saat menulis pesan broadcast:

  • Gunakan tata bahasa dan ejaan yang benar. Pesan broadcast yang penuh dengan kesalahan tata bahasa dan ejaan akan terlihat tidak profesional dan dapat membuat penerima Anda tidak menganggapnya serius.
  • Hindari menggunakan huruf kapital yang berlebihan. Menggunakan huruf kapital yang berlebihan dapat membuat pesan Anda terlihat seperti Anda sedang berteriak, yang dapat membuat penerima Anda kesal.
  • Gunakan emoji dengan hati-hati. Emoji dapat menjadi cara yang bagus untuk menambahkan kepribadian dan ekspresi pada pesan Anda, tetapi jangan berlebihan menggunakannya. Terlalu banyak emoji dapat membuat pesan Anda terlihat tidak profesional dan sulit dibaca.

Kirim pesan

Setelah Anda selesai menulis pesan broadcast Anda, langkah terakhir adalah mengirimkannya ke semua penerima yang telah Anda pilih.

  • Cari tombol “Kirim”

    Tombol “Kirim” biasanya terletak di pojok kanan atas layar.

  • Ketuk tombol “Kirim”

    Setelah Anda menemukan tombol “Kirim”, ketuk tombol tersebut. Ini akan mengirim pesan broadcast Anda ke semua penerima yang telah Anda pilih.

  • Tunggu hingga pesan broadcast Anda terkirim

    Setelah Anda mengirim pesan broadcast, tunggu hingga pesan tersebut terkirim ke semua penerima. Anda dapat melihat status pengiriman pesan broadcast Anda di jendela obrolan broadcast.

  • Pesan broadcast Anda telah terkirim

    Setelah semua penerima menerima pesan broadcast Anda, status pengiriman akan berubah menjadi “Terkirim”.

Sekarang Anda telah berhasil membuat dan mengirim broadcast di WhatsApp. Anda dapat menggunakan fitur broadcast untuk berbagai keperluan, seperti menyebarkan informasi penting, mengirimkan undangan acara, atau mempromosikan produk atau jasa.

FAQ

Berikut adalah jawaban untuk pertanyaan-per Piratanyaan yang sering diajukan (FAQ) seputar WhatsApp.

Pertanyaan 1: Apa itu WhatsApp Broadcast?
WhatsApp Broadcast adalah fitur yang memungkiinkan pengguna untuk mengirimkan pesan yang same to multiple Kontakte at once.

Pertanyaan 2: Berapa jumlah kontak yang dapat ditambahkan dalam siaran WhatsApp?
Penggunas dapat menambahkan up to 256 kontak dalam siaran WhatsApp.

Pertanyaan 3: Apa jenis pesan yang bisa dibagikan dalam siaran WhatsApp?
Penggunas dapat mengirimkan pesan teks, images, videos, and documents.

Pertanyaan 4: Bisakan menjadwalkan siaran WhatsApp?
Maaf, saat ini WhatsApp tidak menyediakan fitur penjadwalan siaran pesan.

Pertanyaan 5: Di manakan bisa melihat status siaran WhatsApp?
Anda can cek status siaran WhatsApp di jendela obrolan siaran.

Pertanyaan 6: Apakah ada cara untuk menarik kembali siaran WhatsApp setelah dikirim?
Maaf, saat ini WhatsApp tidak menyediakan fitur untuk menarik kembali pesan siaran setelah dikirim.

Pertanyaan 7: Apakah ada batasan jumlah siaran WhatsApp yang dapat dikirim per harinya?
Saat ini, WhatsApp tidak membatasi jumlah siaran yang dapat dikirim per harinya.

Pertanyaan 8: Apakah ada cara untuk mengetahui siapa yang membaca siaran WhatsApp?
Maaf, saat ini WhatsApp tidak menyediakan fitur untuk mengetahui siapa yang membaca siaran WhatsApp.

Demikian jawaban untuk pertanyaan-per pertanyaan yang sering diajukan seputar WhatsApp Broadcast. Jika Anda memliki per pertanyaan lainnya, jangan segan untuk menghubungi layanan pelanggan WhatsApp.

Berikut adalah link Laman Resmi WhatsApp untuk informasi lebih lanjut: https://www.whatsaapp.com/faq

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp secara efektif:

Tip 1: Gunakan fitur broadcast untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus.
Fitur broadcast memungkinkan Anda mengirim pesan yang sama ke hingga 256 kontak sekaligus. Ini berguna untuk mengirim pengumuman, undangan acara, atau promosi.

Tip 2: Gunakan stiker dan GIF untuk membuat pesan Anda lebih ekspresif.
WhatsApp menawarkan berbagai macam stiker dan GIF yang dapat Anda gunakan untuk membuat pesan Anda lebih menarik dan ekspresif.

Tip 3: Gunakan WhatsApp Web untuk mengirim pesan dari komputer.
WhatsApp Web memungkinkan Anda mengirim dan menerima pesan WhatsApp dari komputer. Ini berguna jika Anda sedang bekerja di komputer dan tidak ingin terus-menerus memeriksa ponsel Anda.

Tip 4: Gunakan fitur keamanan WhatsApp untuk melindungi privasi Anda.
WhatsApp menawarkan berbagai fitur keamanan yang dapat Anda gunakan untuk melindungi privasi Anda, seperti enkripsi end-to-end, verifikasi dua langkah, dan pengaturan privasi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menggunakan WhatsApp secara lebih efektif dan aman.

Demikian tips untuk menggunakan WhatsApp secara efektif. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda.

Conclusion

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang sangat populer, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan file lainnya kepada teman, keluarga, dan kontak lainnya. Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur broadcast yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang same to multiple Kontakte at once.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat broadcast di WhatsApp, serta beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp secara efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

WhatsApp adalah alat yang hebat untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, serta untuk berbagi informasi dan ide. Dengan mengikuti tips-tips yang telah dibagikan, Anda dapat menggunakan WhatsApp secara lebih efektif dan aman.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *