Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Tanpa Terpotong


Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Tanpa Terpotong

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen. Namun, ada batasan ukuran untuk video yang dapat dikirim melalui WhatsApp. Batasan ukuran video WhatsApp adalah 16 MB. Jika video yang ingin Anda kirim lebih besar dari 16 MB, maka video tersebut akan dipotong secara otomatis.

Jika Anda ingin mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan aplikasi kompres video. Aplikasi kompres video dapat mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitas video secara signifikan. Setelah video dikompres, Anda dapat mengirimkannya melalui WhatsApp tanpa khawatir akan terpotong.

Selain menggunakan aplikasi kompres video, Anda juga dapat menggunakan layanan cloud storage untuk mengirim video panjang di WhatsApp. Layanan cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file dengan mudah. Anda dapat mengunggah video ke layanan cloud storage, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Dengan cara ini, penerima dapat mengunduh video dari layanan cloud storage tanpa harus khawatir tentang batasan ukuran video WhatsApp.

Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Tanpa Terpotong

Berikut adalah 6 poin penting tentang cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong:

  • Gunakan aplikasi kompres video.
  • Manfaatkan layanan cloud storage.
  • Kirim video dalam bentuk tautan.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Edit video menjadi beberapa bagian.
  • Gunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

Gunakan aplikasi kompres video.

Aplikasi kompres video dapat mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitas video secara signifikan. Ada banyak aplikasi kompres video yang tersedia, baik untuk perangkat Android maupun iOS. Beberapa aplikasi kompres video yang populer antara lain:

  • Video Compressor (Android)
  • Video Compress (iOS)
  • HandBrake (multi-platform)
  • FFmpeg (multi-platform)

Untuk menggunakan aplikasi kompres video, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih aplikasi kompres video yang ingin Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi kompres video dan pilih video yang ingin Anda kompres.
  3. Pilih pengaturan kompresi yang diinginkan. Semakin tinggi tingkat kompresi, semakin kecil ukuran video yang dihasilkan.
  4. Mulai proses kompresi video.
  5. Setelah proses kompresi selesai, Anda dapat mengirim video yang sudah dikompres melalui WhatsApp.

Dengan menggunakan aplikasi kompres video, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

Selain menggunakan aplikasi kompres video, Anda juga dapat menggunakan layanan cloud storage untuk mengirim video panjang di WhatsApp. Layanan cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file dengan mudah. Anda dapat mengunggah video ke layanan cloud storage, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Dengan cara ini, penerima dapat mengunduh video dari layanan cloud storage tanpa harus khawatir tentang batasan ukuran video WhatsApp.

Manfaatkan layanan cloud storage.

Layanan cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file dengan mudah. Anda dapat mengunggah video ke layanan cloud storage, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Dengan cara ini, penerima dapat mengunduh video dari layanan cloud storage tanpa harus khawatir tentang batasan ukuran video WhatsApp.

  • Google Drive:

    Google Drive adalah layanan cloud storage yang disediakan oleh Google. Google Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Anda dapat mengunggah video ke Google Drive, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Penerima dapat mengunduh video dari Google Drive dengan mengklik tautan yang Anda bagikan.

  • Dropbox:

    Dropbox adalah layanan cloud storage yang menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Anda dapat mengunggah video ke Dropbox, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Penerima dapat mengunduh video dari Dropbox dengan mengklik tautan yang Anda bagikan.

  • OneDrive:

    OneDrive adalah layanan cloud storage yang disediakan oleh Microsoft. OneDrive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Anda dapat mengunggah video ke OneDrive, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Penerima dapat mengunduh video dari OneDrive dengan mengklik tautan yang Anda bagikan.

  • iCloud Drive:

    iCloud Drive adalah layanan cloud storage yang disediakan oleh Apple. iCloud Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Anda dapat mengunggah video ke iCloud Drive, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Penerima dapat mengunduh video dari iCloud Drive dengan mengklik tautan yang Anda bagikan.

Selain layanan cloud storage yang disebutkan di atas, masih banyak layanan cloud storage lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengirim video panjang di WhatsApp. Pilih layanan cloud storage yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kirim video dalam bentuk tautan.

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi kompres video atau layanan cloud storage, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp dalam bentuk tautan. Dengan cara ini, penerima dapat mengklik tautan tersebut untuk menonton video secara online tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

  • Unggah video ke YouTube:

    Anda dapat mengunggah video ke YouTube, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp. Penerima dapat menonton video tersebut dengan mengklik tautan yang Anda bagikan.

  • Gunakan layanan berbagi video lainnya:

    Selain YouTube, ada banyak layanan berbagi video lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengirim video panjang di WhatsApp. Beberapa layanan berbagi video yang populer antara lain Vimeo, Dailymotion, dan Metacafe. Anda dapat mengunggah video ke layanan berbagi video tersebut, lalu membagikan tautan video tersebut kepada penerima melalui WhatsApp.

  • Kirim tautan video dari situs web:

    Jika Anda menemukan video menarik di situs web, Anda dapat menyalin tautan video tersebut dan membagikannya kepada penerima melalui WhatsApp. Penerima dapat menonton video tersebut dengan mengklik tautan yang Anda bagikan.

  • Gunakan aplikasi berbagi tautan:

    Ada beberapa aplikasi berbagi tautan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim tautan video panjang di WhatsApp. Beberapa aplikasi berbagi tautan yang populer antara lain Bitly, TinyURL, dan Rebrandly. Anda dapat mempersingkat tautan video tersebut menggunakan aplikasi berbagi tautan, lalu membagikan tautan yang dipersingkat tersebut kepada penerima melalui WhatsApp.

Dengan mengirim video dalam bentuk tautan, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video. Namun, perlu diingat bahwa penerima harus memiliki koneksi internet yang baik untuk dapat menonton video tersebut.

Gunakan aplikasi pihak ketiga.

Selain menggunakan aplikasi kompres video, layanan cloud storage, dan mengirim video dalam bentuk tautan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong.

  • WhatsApp Business:

    WhatsApp Business adalah aplikasi WhatsApp khusus untuk bisnis. WhatsApp Business memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim video dengan ukuran hingga 100 MB. Namun, perlu diingat bahwa penerima juga harus menggunakan WhatsApp Business untuk dapat menerima video dengan ukuran sebesar itu.

  • GB WhatsApp:

    GB WhatsApp adalah aplikasi WhatsApp modifikasi yang memiliki banyak fitur tambahan, salah satunya adalah kemampuan untuk mengirim video dengan ukuran hingga 50 MB. Namun, perlu diingat bahwa GB WhatsApp adalah aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi, sehingga penggunaannya tidak disarankan.

  • Video Splitter for WhatsApp:

    Video Splitter for WhatsApp adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna untuk membagi video panjang menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Dengan cara ini, pengguna dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

  • WhatsCut:

    WhatsCut adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna untuk memotong video menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Dengan cara ini, pengguna dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut tidak resmi, sehingga penggunaannya tidak disarankan.

Edit video menjadi beberapa bagian.

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi kompres video, layanan cloud storage, mengirim video dalam bentuk tautan, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengedit video panjang menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Dengan cara ini, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

Untuk mengedit video menjadi beberapa bagian, Anda dapat menggunakan aplikasi edit video seperti:

  • Video Editor (Android)
  • iMovie (iOS)
  • Adobe Premiere Pro (multi-platform)
  • Final Cut Pro (multi-platform)

Setelah Anda memilih aplikasi edit video yang ingin digunakan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengedit video menjadi beberapa bagian:

  1. Buka aplikasi edit video dan pilih video yang ingin Anda edit.
  2. Tentukan titik awal dan titik akhir dari setiap bagian video yang ingin Anda buat.
  3. Potong video menjadi beberapa bagian sesuai dengan titik awal dan titik akhir yang telah Anda tentukan.
  4. Simpan setiap bagian video sebagai file terpisah.

Setelah Anda selesai mengedit video menjadi beberapa bagian, Anda dapat mengirimkannya melalui WhatsApp. Untuk mengirim video yang telah dipotong-potong melalui WhatsApp, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirimi video.
  2. Ketuk ikon klip kertas dan pilih “Video”.
  3. Pilih bagian video pertama yang ingin Anda kirim dan ketuk “Kirim”.
  4. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk mengirim bagian video lainnya.

Dengan mengedit video menjadi beberapa bagian, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

Namun, perlu diingat bahwa penerima harus mengunduh setiap bagian video secara terpisah. Selain itu, jika Anda mengirim terlalu banyak bagian video, penerima mungkin merasa terganggu.

Gunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”.

WhatsApp memiliki fitur “Kirim sebagai Dokumen” yang memungkinkan pengguna untuk mengirim file hingga ukuran 100 MB. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk file dokumen, seperti PDF, Word, Excel, dan PowerPoint. Untuk mengirim video panjang di WhatsApp menggunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirimi video.
  2. Ketuk ikon klip kertas dan pilih “Dokumen”.
  3. Pilih video yang ingin Anda kirim dan ketuk “Kirim”.

Setelah Anda mengirim video menggunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”, penerima akan menerima file video tersebut dalam format dokumen. Penerima dapat membuka file video tersebut dengan aplikasi pemutar video yang ada di perangkat mereka.

perlu diingat bahwa kualitas video yang dikirim menggunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen” mungkin akan sedikit menurun. Selain itu, penerima harus memiliki aplikasi pemutar video yang kompatibel dengan format video yang Anda kirim.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong. Pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong:

Question 1: Apakah ada batasan ukuran video yang dapat dikirim melalui WhatsApp?

Answer 1: Ya, ada batasan ukuran video yang dapat dikirim melalui WhatsApp. Batasan ukuran video WhatsApp adalah 16 MB.

Question 2: Bagaimana cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong?

Answer 2: Ada beberapa cara untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong, antara lain:

  • Gunakan aplikasi kompres video.
  • Manfaatkan layanan cloud storage.
  • Kirim video dalam bentuk tautan.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Edit video menjadi beberapa bagian.
  • Gunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”.

Question 3: Apa aplikasi kompres video terbaik untuk mengirim video panjang di WhatsApp?

Answer 3: Ada banyak aplikasi kompres video yang dapat digunakan untuk mengirim video panjang di WhatsApp, beberapa di antaranya adalah:

  • Video Compressor (Android)
  • Video Compress (iOS)
  • HandBrake (multi-platform)
  • FFmpeg (multi-platform)

Question 4: Apa layanan cloud storage terbaik untuk mengirim video panjang di WhatsApp?

Answer 4: Ada banyak layanan cloud storage yang dapat digunakan untuk mengirim video panjang di WhatsApp, beberapa di antaranya adalah:

  • Google Drive
  • Dropbox
  • OneDrive
  • iCloud Drive

Question 5: Bagaimana cara mengirim video panjang di WhatsApp menggunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”?

Answer 5: Untuk mengirim video panjang di WhatsApp menggunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirimi video.
  2. Ketuk ikon klip kertas dan pilih “Dokumen”.
  3. Pilih video yang ingin Anda kirim dan ketuk “Kirim”.

Question 6: Apa yang harus dilakukan jika penerima tidak dapat membuka video yang saya kirim?

Answer 6: Jika penerima tidak dapat membuka video yang Anda kirim, kemungkinan besar karena penerima tidak memiliki aplikasi pemutar video yang kompatibel dengan format video yang Anda kirim. Mintalah penerima untuk menginstal aplikasi pemutar video yang sesuai dengan format video yang Anda kirim.

Demikian beberapa pertanyaan umum tentang cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.

Selain menggunakan metode-metode yang disebutkan di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda lakukan untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong:

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong:

Tip 1: Gunakan jaringan internet yang stabil.

Kecepatan dan stabilitas jaringan internet dapat mempengaruhi kualitas video yang Anda kirim. Pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang stabil saat mengirim video panjang di WhatsApp.

Tip 2: Kompres video sebelum mengirim.

Mengompresi video sebelum mengirim dapat mengurangi ukuran file video tanpa mengurangi kualitas video secara signifikan. Ada banyak aplikasi kompres video yang dapat Anda gunakan, baik untuk perangkat Android maupun iOS.

Tip 3: Kirim video dalam bentuk tautan.

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi kompres video atau layanan cloud storage, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp dalam bentuk tautan. Dengan cara ini, penerima dapat mengklik tautan tersebut untuk menonton video secara online tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Tip 4: Gunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong. Beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut antara lain WhatsApp Business, GB WhatsApp, Video Splitter for WhatsApp, dan WhatsCut.

Demikian beberapa tips tambahan untuk mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong. Semoga bermanfaat!

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video. Namun, perlu diingat bahwa beberapa metode yang disebutkan di atas mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengirim video.

Conclusion

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen. Namun, ada batasan ukuran untuk video yang dapat dikirim melalui WhatsApp. Batasan ukuran video WhatsApp adalah 16 MB.

Jika Anda ingin mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Gunakan aplikasi kompres video.
  • Manfaatkan layanan cloud storage.
  • Kirim video dalam bentuk tautan.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Edit video menjadi beberapa bagian.
  • Gunakan fitur “Kirim sebagai Dokumen”.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa khawatir tentang batasan ukuran video.

Demikian artikel tentang cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga menggunakan WhatsApp. Dengan demikian, mereka juga dapat mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *