Cara Menggunakan Sound of Text di WhatsApp


Cara Menggunakan Sound of Text di WhatsApp

Sound of Text merupakan fitur terbaru WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek suara ke pesan teks mereka. Fitur ini sangat menarik dan menyenangkan untuk digunakan, terlebih lagi jika Anda ingin memberikan penekanan atau ekspresi tertentu pada pesan Anda.

Untuk menggunakan fitur Sound of Text, Anda perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Setelah memperbarui aplikasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Yuk, langsung saja masuk ke langkah-langkah penggunaan fitur terbarunya. Sebagaimana disingung di awal pembahasan, fitur ini sudah tersedia di perangkat iPhone dengan pembaruan WhatsApp untuk iOS versi terbaru.

Cara Menggunakan Sound of Text di WhatsApp

Berikut 6 poin penting tentang cara menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp:

  • Perbarui aplikasi WhatsApp.
  • Buka obrolan.
  • Ketik pesan.
  • Pilih ikon mikrofon.
  • Rekam suara.
  • Kirim pesan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menggunakan fitur Sound of Text untuk menambahkan efek suara ke pesan teks Anda.

Perbarui aplikasi WhatsApp.

Sebelum menggunakan fitur Sound of Text, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Pembaruan ini diperlukan agar fitur tersebut dapat berfungsi dengan baik.

  • Buka App Store atau Google Play Store.

    Buka App Store jika Anda menggunakan iPhone atau Google Play Store jika Anda menggunakan ponsel Android.

  • Cari WhatsApp.

    Ketik “WhatsApp” di bilah pencarian dan tekan tombol “Cari”.

  • Periksa pembaruan.

    Pada halaman aplikasi WhatsApp, periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, ketuk tombol “Perbarui”.

  • Tunggu hingga pembaruan selesai.

    Proses pembaruan mungkin memakan waktu beberapa menit, tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda.

Setelah pembaruan selesai, Anda dapat mulai menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp.

Buka obrolan.

Setelah memperbarui aplikasi WhatsApp, Anda dapat mulai menggunakan fitur Sound of Text. Untuk melakukannya, Anda perlu membuka obrolan dengan kontak yang ingin Anda kirimi pesan.

  • Buka WhatsApp.

    Jika WhatsApp belum terbuka, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  • Pilih obrolan.

    Pada layar utama WhatsApp, pilih obrolan dengan kontak yang ingin Anda kirimi pesan.

  • Ketuk bilah pesan.

    Di bagian bawah layar obrolan, ketuk bilah pesan untuk mulai mengetik pesan Anda.

  • Pastikan kursor berada di akhir pesan.

    Sebelum menggunakan fitur Sound of Text, pastikan kursor berada di akhir pesan yang ingin Anda kirim.

Setelah Anda membuka obrolan dan memastikan kursor berada di akhir pesan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menggunakan fitur Sound of Text.

Ketik pesan.

Setelah membuka obrolan dan memastikan kursor berada di akhir pesan, Anda dapat mulai mengetik pesan yang ingin Anda kirim. Anda dapat mengetik pesan apa pun yang Anda inginkan, termasuk teks, emoji, dan tautan.

Perlu diingat bahwa fitur Sound of Text hanya dapat digunakan untuk pesan teks. Jika Anda ingin mengirim pesan multimedia seperti gambar, video, atau dokumen, Anda tidak dapat menggunakan fitur Sound of Text.

Setelah Anda selesai mengetik pesan, pastikan untuk memberikan efek suara yang sesuai dengan pesan tersebut. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk ikon mikrofon yang terletak di sebelah kanan bilah pesan.
  2. Rekam suara Anda dengan menahan tombol mikrofon.
  3. Lepaskan tombol mikrofon setelah Anda selesai merekam suara.
  4. Efek suara akan secara otomatis ditambahkan ke pesan Anda.

Anda dapat memilih berbagai macam efek suara yang tersedia di WhatsApp. Beberapa efek suara yang populer antara lain tawa, tepuk tangan, dan sorakan.

Pilih ikon mikrofon.

Setelah Anda selesai mengetik pesan dan ingin menambahkan efek suara, Anda perlu memilih ikon mikrofon yang terletak di sebelah kanan bilah pesan.

Ikon mikrofon ini berbentuk lingkaran dengan garis vertikal di tengahnya. Saat Anda mengetuk ikon mikrofon, akan muncul menu pop-up yang berisi berbagai macam efek suara.

Untuk memilih efek suara yang diinginkan, Anda cukup mengetuk efek suara tersebut. Efek suara yang Anda pilih akan secara otomatis ditambahkan ke pesan Anda.

Jika Anda ingin membatalkan pemilihan efek suara, Anda cukup mengetuk kembali ikon mikrofon. Efek suara yang telah Anda pilih akan hilang dan pesan Anda akan kembali ke حالت عادي.

Anda dapat memilih berbagai macam efek suara yang tersedia di WhatsApp. Beberapa efek suara yang populer antara lain tawa, tepuk tangan, dan sorakan.

Rekam suara.

Setelah Anda memilih efek suara yang diinginkan, Anda perlu merekam suara Anda untuk menambahkan efek suara tersebut ke pesan Anda.

Untuk merekam suara, Anda cukup menahan tombol mikrofon yang terletak di sebelah kanan bilah pesan. Saat Anda menahan tombol mikrofon, WhatsApp akan mulai merekam suara Anda.

Anda dapat merekam suara selama maksimal 30 detik. Jika Anda ingin merekam suara lebih lama dari 30 detik, Anda perlu melepaskan tombol mikrofon dan kemudian menahannya kembali untuk melanjutkan perekaman.

Setelah Anda selesai merekam suara, lepaskan tombol mikrofon. Efek suara yang telah Anda pilih akan secara otomatis ditambahkan ke pesan Anda.

Anda dapat mendengarkan kembali rekaman suara Anda sebelum mengirim pesan. Untuk mendengarkan kembali rekaman suara, cukup ketuk ikon mikrofon yang terletak di sebelah kanan bilah pesan. Rekaman suara Anda akan diputar secara otomatis.

Kirim pesan.

Setelah Anda selesai merekam suara dan menambahkan efek suara ke pesan Anda, Anda dapat mengirim pesan tersebut.

Untuk mengirim pesan, cukup ketuk tombol kirim yang terletak di sebelah kanan bilah pesan. Tombol kirim ini berbentuk pesawat kertas.

Setelah Anda mengetuk tombol kirim, pesan Anda akan langsung terkirim ke penerima. Penerima pesan Anda akan dapat mendengar efek suara yang telah Anda tambahkan ke pesan tersebut.

Perlu diingat bahwa fitur Sound of Text hanya dapat digunakan untuk pesan teks. Jika Anda ingin mengirim pesan multimedia seperti gambar, video, atau dokumen, Anda tidak dapat menggunakan fitur Sound of Text.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang fitur Sound of Text di WhatsApp:

Pertanyaan 1: Apa itu fitur Sound of Text di WhatsApp?
Fitur Sound of Text di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek suara ke pesan teks mereka.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp?
Untuk menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.
2. Buka obrolan dengan kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
3. Ketik pesan yang ingin Anda kirim.
4. Ketuk ikon mikrofon yang terletak di sebelah kanan bilah pesan.
5. Rekam suara Anda untuk menambahkan efek suara ke pesan Anda.
6. Kirim pesan.

Pertanyaan 3: Efek suara apa saja yang tersedia di fitur Sound of Text di WhatsApp?
Fitur Sound of Text di WhatsApp menyediakan berbagai macam efek suara, termasuk tawa, tepuk tangan, sorakan, dan banyak lagi.

Pertanyaan 4: Bisakah saya menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp untuk mengirim pesan multimedia seperti gambar, video, atau dokumen?
Tidak, fitur Sound of Text hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan teks.

Pertanyaan 5: Apakah fitur Sound of Text di WhatsApp tersedia untuk semua pengguna?
Fitur Sound of Text di WhatsApp tersedia untuk semua pengguna yang menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Pertanyaan 6: Apakah fitur Sound of Text di WhatsApp gratis?
Ya, fitur Sound of Text di WhatsApp sepenuhnya gratis.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang fitur Sound of Text di WhatsApp. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya melalui komentar di bawah ini.

Selain FAQ di atas, berikut beberapa tips untuk menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp secara efektif:

Tips

Berikut beberapa tips untuk menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp secara efektif:

Gunakan efek suara yang sesuai dengan pesan Anda.
Pilih efek suara yang sesuai dengan suasana pesan Anda. Misalnya, jika Anda mengirim pesan selamat ulang tahun, Anda dapat menggunakan efek suara tepuk tangan atau sorakan. Jika Anda mengirim pesan belasungkawa, Anda dapat menggunakan efek suara musik sedih.

Jangan gunakan efek suara yang terlalu panjang.
Efek suara yang terlalu panjang dapat mengganggu penerima pesan Anda. Usahakan untuk menggunakan efek suara yang singkat dan padat.

Gunakan efek suara yang bervariasi.
Jangan gunakan efek suara yang sama untuk semua pesan Anda. Gunakan berbagai macam efek suara agar pesan Anda lebih menarik dan menyenangkan.

Gunakan fitur Sound of Text dengan bijaksana.
Jangan gunakan fitur Sound of Text secara berlebihan. Gunakan fitur ini hanya untuk pesan-pesan tertentu yang menurut Anda akan lebih ekspresif jika ditambahkan efek suara.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp secara efektif untuk membuat pesan Anda lebih ekspresif dan menyenangkan.

Demikian beberapa tips untuk menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menggunakan fitur ini secara efektif untuk membuat pesan Anda lebih menarik dan menyenangkan.

Conclusion

Fitur Sound of Text di WhatsApp merupakan fitur yang sangat menarik dan menyenangkan untuk digunakan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek suara ke pesan teks mereka, sehingga pesan tersebut menjadi lebih ekspresif dan hidup.

Untuk menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp, Anda cukup memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, membuka obrolan dengan kontak yang ingin Anda kirimi pesan, mengetik pesan yang ingin Anda kirim, memilih efek suara yang diinginkan, merekam suara Anda, dan mengirim pesan.

Fitur Sound of Text di WhatsApp dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti mengirim pesan selamat ulang tahun, ucapan selamat, belasungkawa, atau sekadar untuk bersenang-senang. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat pesan Anda lebih berkesan dan tak terlupakan.

Demikian pembahasan tentang cara menggunakan fitur Sound of Text di WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *