Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di WhatsApp


Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua orang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Namun, terkadang ada masalah yang muncul saat menggunakan WhatsApp, salah satunya adalah layar mati saat sedang menelepon. Masalah ini tentunya sangat menjengkelkan, apalagi jika sedang melakukan panggilan penting.

Ada beberapa penyebab layar mati saat telepon di WhatsApp. Salah satu penyebabnya adalah aplikasi WhatsApp yang tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem operasi perangkat, atau karena adanya aplikasi lain yang mengganggu kinerja WhatsApp.

Jika Anda mengalami masalah layar mati saat telepon di WhatsApp, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Cara-caranya akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di WhatsApp

Berikut adalah 6 cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp:

  • Perbarui WhatsApp
  • Periksa OS perangkat
  • Nonaktifkan aplikasi lain
  • Hapus cache WhatsApp
  • Instal ulang WhatsApp
  • Ganti perangkat

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi masalah masih belum teratasi, sebaiknya Anda menghubungi pusat bantuan WhatsApp atau mengunjungi situs web resmi WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Perbarui WhatsApp

Salah satu cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp adalah dengan memperbarui aplikasi WhatsApp. Pembaruan aplikasi biasanya berisi perbaikan bug dan peningkatan fitur, sehingga dapat mengatasi masalah yang menyebabkan layar mati saat telepon.

Untuk memperbarui WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Google Play Store atau App Store di perangkat Anda.
2. Cari aplikasi WhatsApp.
3. Ketuk tombol “Perbarui” jika tersedia.
4. Tunggu hingga proses pembaruan selesai.

Setelah WhatsApp diperbarui, coba lakukan panggilan telepon lagi. Jika masalah layar mati sudah teratasi, berarti pembaruan aplikasi berhasil mengatasi masalah tersebut.

Namun, jika masalah layar mati masih terjadi, Anda dapat mencoba cara-cara lain yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Selain memperbarui aplikasi WhatsApp, Anda juga dapat mencoba cara-cara berikut untuk mengatasi masalah layar mati saat telepon di WhatsApp:

Periksa OS perangkat

Selain memeriksa aplikasi WhatsApp, Anda juga perlu memeriksa apakah OS perangkat Anda kompatibel dengan versi WhatsApp yang sedang Anda используйте. OS perangkat yang tidak kompatibel dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk layar yang tiba-tiba menjadi hitam.

  • Perbarui OS perangkatPastikan OS perangkat Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. pembaruan OS biasanya menyertakan perbaikan bug dan meningkatkan kinerja perangkat, yang dapat membantu устранить проблемы, таких как layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp.
  • Ganti versi WhatsAppJika Anda mengalami layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp setelah pembaruan OS, coba ganti versi WhatsApp yang Anda используйте. Anda dapat mencoba menginstal versi WhatsApp yang lebih lama atau versi WhatsApp yang lebih terbaru.
  • Ganti perangkatJika Anda kesulitan update OS perangkat 或 mencoba versi WhatsApp yang berbeda, Anda mungkin perlu mengganti perangkat Anda dengan yang lebih kompatibel dengan WhatsApp.

Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, sebaiknya periksa OS perangkat Anda dan pastikan selalu diperbarui ke versi terbaru. Jika masalah berlanjuta, coba ganti versi WhatsApp yang Anda используйте или bahkan mengganti perangkat Anda dengan yang lebih kompatibel dengan WhatsApp.

Nonaktifkan aplikasi lain

Aplikasi lain yang berjalan di latar belakang dapat mengganggu kinerja WhatsApp dan menyebabkan masalah, seperti layar yang tiba-tiba menjadi hitam saat panggilan telepon.

  • Tutup aplikasi yang tidak perluSebelum melakukan panggilan telepon di WhatsApp, tutup semua aplikasi yang tidak perlu yang sedang berjalan di latar belakang. Ini dapat membantu освободить ресурсы perangkat dan mengurangi kemungkinan terjadinya masalah.
  • Nonaktifkan aplikasi yang menggangguBeberapa aplikasi dapat mengganggu kinerja WhatsApp, terutama jika aplikasi tersebut berjalan di latar belakang. Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, coba nonaktifkan aplikasi yang dicurigai mengganggu kinerja WhatsApp.
  • Gunakan mode amanJika Anda kesulitan mengetahui aplikasi mana yang mengganggu kinerja WhatsApp, Anda dapat mencoba menggunakan mode aman. Mode aman adalah mode khusus yang hanya menjalankan aplikasi sistem yang penting. Jika masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp hilang saat Anda menggunakan mode aman, berarti ada aplikasi pihak ketiga yang mengganggu kinerja WhatsApp.
  • Hapus aplikasi yang menggangguJika Anda sudah mengetahui aplikasi mana yang mengganggu kinerja WhatsApp, Anda dapat menghapus aplikasi tersebut. Ini dapat membantu mengatasi masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp.

Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, cobalah nonaktifkan aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Jika masalah hilang, berarti ada aplikasi lain yang mengganggu kinerja WhatsApp. Anda dapat mencoba menutup aplikasi yang tidak perlu, menonaktifkan aplikasi yang mengganggu, menggunakan mode aman, atau bahkan menghapus aplikasi yang mengganggu.

Hapus cache WhatsApp

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerja aplikasi tersebut. Namun, terkadang cache dapat menjadi rusak atau terlalu besar, yang dapat menyebabkan masalah pada aplikasi, termasuk layar yang menjadi hitam saat panggilan telepon di WhatsApp.

  • Hapus cache WhatsApp melalui pengaturanAnda dapat menghapus cache WhatsApp melalui pengaturan perangkat Anda. Berikut langkah-langkahnya:
    1. Buka pengaturan perangkat Anda.
    2. Cari aplikasi WhatsApp.
    3. Ketuk aplikasi WhatsApp.
    4. Ketuk tombol “Hapus cache”.
  • Hapus cache WhatsApp melalui aplikasi pihak ketigaAnda juga dapat menghapus cache WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pembersih cache yang tersedia di Google Play Store atau App Store.
  • Hapus data WhatsAppJika menghapus cache WhatsApp tidak berhasil mengatasi masalah, Anda dapat mencoba menghapus data WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa menghapus data WhatsApp akan menghapus semua pesan dan pengaturan WhatsApp Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat cadangan data WhatsApp sebelum menghapus data WhatsApp.

Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, cobalah hapus cache WhatsApp. Jika masalah hilang, berarti cache WhatsApp rusak atau terlalu besar. Anda juga dapat mencoba menghapus data WhatsApp, tetapi perlu diingat bahwa menghapus data WhatsApp akan menghapus semua pesan dan pengaturan WhatsApp Anda.

Instal ulang WhatsApp

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp belum juga teratasi, Anda dapat mencoba menginstal ulang WhatsApp. Menginstal ulang WhatsApp dapat membantu memperbaiki masalah yang terjadi pada aplikasi WhatsApp, termasuk masalah layar hitam saat panggilan telepon.

Berikut langkah-langkah untuk menginstal ulang WhatsApp:

1. Copot pemasangan WhatsApp dari perangkat Anda.
2. Buka Google Play Store atau App Store.
3. Cari aplikasi WhatsApp.
4. Ketuk tombol “Instal”.
5. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
6. Buka WhatsApp dan masuk dengan akun Anda.

Setelah menginstal ulang WhatsApp, coba lakukan panggilan telepon lagi. Jika masalah layar hitam sudah teratasi, berarti menginstal ulang WhatsApp berhasil mengatasi masalah tersebut.

Namun, jika masalah layar hitam masih terjadi, Anda mungkin perlu mencoba cara-cara lain, seperti mereset perangkat Anda ke pengaturan pabrik atau menghubungi pusat bantuan WhatsApp.

Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, sebaiknya coba instal ulang WhatsApp terlebih dahulu. Jika masalah hilang, berarti ada masalah pada aplikasi WhatsApp Anda. Namun, jika masalah masih berlanjut, Anda mungkin perlu mencoba cara-cara lain yang lebih drastis, seperti mereset perangkat Anda ke pengaturan pabrik atau menghubungi pusat bantuan WhatsApp.

Ganti perangkat

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp belum juga teratasi, Anda mungkin perlu mengganti perangkat Anda. Ada kemungkinan perangkat Anda tidak kompatibel dengan WhatsApp atau mengalami masalah perangkat keras yang menyebabkan masalah layar hitam saat panggilan telepon.

Sebelum mengganti perangkat, pastikan Anda telah mencoba semua cara lain yang disebutkan sebelumnya. Jika semua cara tersebut tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengganti perangkat Anda dengan perangkat yang lebih kompatibel dengan WhatsApp.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih perangkat baru untuk WhatsApp:

  • OS perangkat: Pastikan perangkat baru Anda menjalankan OS yang kompatibel dengan WhatsApp. Anda dapat memeriksa persyaratan sistem WhatsApp di situs web resmi WhatsApp.
  • Spesifikasi perangkat: Pastikan perangkat baru Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan WhatsApp dengan lancar. Anda dapat memeriksa spesifikasi perangkat di situs web resmi produsen perangkat.
  • Kompatibilitas perangkat: Pastikan perangkat baru Anda kompatibel dengan WhatsApp. Anda dapat memeriksa kompatibilitas perangkat di situs web resmi WhatsApp.

Setelah memilih perangkat baru, Anda dapat menginstal WhatsApp dan mencoba melakukan panggilan telepon lagi. Jika masalah layar hitam sudah teratasi, berarti perangkat lama Anda memang bermasalah.

Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, sebaiknya coba ganti perangkat Anda dengan perangkat yang lebih kompatibel dengan WhatsApp. Jika masalah hilang, berarti perangkat lama Anda memang bermasalah. Namun, jika masalah masih berlanjut, Anda mungkin perlu menghubungi pusat bantuan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang WhatsApp:

Question 1: Apa itu WhatsApp?
WhatsApp adalah aplikasi perpesanan gratis yang memungkinkan Anda mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen ke teman dan keluarga Anda. WhatsApp juga memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon dan panggilan video.

Question 2: Bagaimana cara menggunakan WhatsApp?
Untuk menggunakan WhatsApp, Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp dari Google Play Store atau App Store. Setelah aplikasi terinstal, Anda perlu membuat akun WhatsApp menggunakan nomor telepon Anda. Setelah akun Anda dibuat, Anda dapat mulai mengirim pesan ke teman dan keluarga Anda.

Question 3: Apakah WhatsApp aman?
WhatsApp menggunakan teknologi enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi pengguna. Ini berarti bahwa hanya Anda dan orang yang Anda kirimi pesan yang dapat membaca pesan tersebut. WhatsApp juga tidak menyimpan pesan Anda di server mereka.

Question 4: Berapa biaya WhatsApp?
WhatsApp gratis untuk diunduh dan digunakan. Anda hanya perlu membayar biaya data internet untuk mengirim dan menerima pesan. Beberapa operator seluler menawarkan paket data khusus untuk WhatsApp.

Question 5: Di perangkat apa saja WhatsApp dapat digunakan?
WhatsApp dapat digunakan di berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan komputer. Anda dapat menggunakan WhatsApp di beberapa perangkat secara同時.

Question 6: Bagaimana cara mengatasi masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp?
Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut:

  1. Perbarui WhatsApp.
  2. Periksa OS perangkat Anda.
  3. Nonaktifkan aplikasi lain.
  4. Hapus cache WhatsApp.
  5. Instal ulang WhatsApp.
  6. Ganti perangkat.

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat menghubungi pusat bantuan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, berikut beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih optimal:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih optimal:

Tip 1: Gunakan fitur pesan yang hilang
Fitur pesan yang hilang memungkinkan Anda mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis setelah dibaca oleh penerima. Ini berguna untuk mengirim informasi sensitif atau rahasia.

Tip 2: Gunakan stiker dan GIF
Stiker dan GIF dapat membuat percakapan Anda lebih hidup dan menyenangkan. Anda dapat menemukan banyak stiker dan GIF gratis di WhatsApp.

Tip 3: Gunakan WhatsApp di beberapa perangkat
Anda dapat menggunakan WhatsApp di beberapa perangkat secara bersamaan. Ini berguna jika Anda ingin tetap terhubung dengan teman dan keluarga Anda saat bepergian.

Tip 4: Cadangkan riwayat obrolan Anda
WhatsApp memungkinkan Anda mencadangkan riwayat obrolan Anda ke Google Drive atau iCloud. Ini berguna jika Anda kehilangan ponsel atau jika Anda ingin memindahkan riwayat obrolan Anda ke perangkat baru.

Tip 5: Gunakan WhatsApp Business untuk bisnis Anda
Jika Anda memiliki bisnis, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. WhatsApp Business menawarkan beberapa fitur khusus untuk bisnis, seperti balasan otomatis dan katalog produk.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menggunakan WhatsApp dengan lebih optimal dan produktif.

Conclusion

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang sangat populer di Indonesia. WhatsApp menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, seperti pesan teks, gambar, video, dokumen, panggilan telepon, dan panggilan video. WhatsApp juga menggunakan teknologi enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi pengguna.

Namun, terkadang pengguna WhatsApp mengalami masalah, seperti layar hitam saat panggilan telepon. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti aplikasi WhatsApp yang tidak kompatibel dengan perangkat, masalah pada OS perangkat, aplikasi lain yang mengganggu kinerja WhatsApp, cache WhatsApp yang terlalu besar, atau masalah pada perangkat itu sendiri.

Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat panggilan telepon di WhatsApp, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengatasinya, seperti memperbarui WhatsApp, memeriksa OS perangkat, menonaktifkan aplikasi lain, menghapus cache WhatsApp, menginstal ulang WhatsApp, atau mengganti perangkat.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi masalah masih belum teratasi, Anda dapat menghubungi pusat bantuan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan WhatsApp dengan lebih optimal dan produktif.

Demikian artikel tentang cara mengatasi layar mati saat telepon di WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *