Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus


Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen. Namun, terkadang pengguna WA mengalami masalah chat yang terhapus. Jika Anda salah satu pengguna WA yang mengalami masalah ini, jangan khawatir. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk mengembalikan chat WA yang terhapus.

Ada beberapa penyebab chat WA terhapus. Salah satunya adalah pengguna tidak sengaja menghapus chat tersebut. Penyebab lainnya adalah pengguna menginstal ulang aplikasi WA atau mengganti perangkat.

Jika Anda mengalami masalah chat WA yang terhapus, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikannya. Cara-cara tersebut akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Berikut adalah 6 poin penting yang perlu diketahui terkait cara untuk recover chat WhatsApp yang terhapus :

  • Aktifkan Fitur Backup
  • Ganti Akun Lain
  • Pemulihan melalui Google Drive
  • Ganti penyimpanan internal
  • Beralih akun
  • Pulihkan lewat bantuan pihak ketiga

Itulah 6 poin penting mengenai cara untuk recover chat WhatsApp yang terhapus. Semoga dengan membaca ini, kalian tidak akan khawatir ketika chat WhatsApp kalian terhapus sehingga tetap dapat berkomunikasi dengan lancar.

Aktifkan Fitur Backup

Salah satu cara untuk mengembalikan chat WA yang terhapus adalah dengan mengaktifkan fitur backup. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan cadangan chat WA ke Google Drive atau iCloud.

  • Aktifkan Backup Otomatis

    Pengguna dapat mengaktifkan fitur backup otomatis agar chat WA selalu dicadangkan secara berkala. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi WA, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “Setelan”. Setelah itu, pilih “Chat” dan aktifkan opsi “Cadangkan Chat”.

  • Pilih Frekuensi Backup

    Pengguna dapat memilih frekuensi backup yang diinginkan, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Pilih frekuensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Pilih Akun Google atau iCloud

    Pengguna dapat memilih akun Google atau iCloud yang akan digunakan untuk menyimpan cadangan chat WA. Pastikan Anda menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan pada perangkat sebelumnya.

  • Lakukan Backup Manual

    Selain backup otomatis, pengguna juga dapat melakukan backup manual kapan saja. Untuk melakukan backup manual, buka aplikasi WA, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “Setelan”. Setelah itu, pilih “Chat” dan ketuk tombol “Cadangkan”.

Setelah fitur backup diaktifkan, chat WA Anda akan dicadangkan secara berkala. Jika Anda tidak sengaja menghapus chat WA, Anda dapat mengembalikannya dengan memulihkan cadangan chat dari Google Drive atau iCloud.

Ganti Akun Lain

Cara lain untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus adalah dengan menggunakan akun lain. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur backup di WhatsApp Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan cara ganti akun lain:

  1. Hapus WhatsApp dan instal ulang. Pastikan Anda menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang sebelumnya.
  2. Masukkan kode verifikasi. Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon.
  3. Pilih “Pulihkan” ketika diminta. WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan chat di akun Google atau iCloud Anda. Pilih “Pulihkan” untuk mengembalikan chat yang terhapus.
  4. Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Proses pemulihan mungkin memakan waktu beberapa menit atau jam, tergantung pada ukuran cadangan chat Anda.

Setelah proses pemulihan selesai, semua chat yang terhapus akan kembali lagi ke WhatsApp Anda. Namun, perlu dicatat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah mengaktifkan fitur backup sebelumnya.

Jika Anda tidak mengaktifkan fitur backup, maka Anda tidak akan bisa mengembalikan chat yang terhapus dengan cara ini.

Pemulihan melalui Google Drive

Jika Anda mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp, maka Anda dapat memulihkan chat yang terhapus melalui Google Drive.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus melalui Google Drive:

  1. Copot pemasangan aplikasi WhatsApp.
  2. Instal ulang aplikasi WhatsApp.
  3. Masukkan nomor telepon yang sama dengan yang sebelumnya.
  4. Pilih “Pulihkan” ketika diminta. WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan chat di Google Drive Anda. Pilih “Pulihkan” untuk mengembalikan chat yang terhapus.
  5. Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Proses pemulihan mungkin memakan waktu beberapa menit atau jam, tergantung pada ukuran cadangan chat Anda.

Setelah proses pemulihan selesai, semua chat yang terhapus akan kembali lagi ke WhatsApp Anda.

Perlu dicatat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp dan memiliki koneksi internet yang stabil.

Ganti penyimpanan internal

Jika Anda tidak sengaja menghapus chat WhatsApp dan tidak mengaktifkan fitur backup, maka Anda masih bisa mencoba untuk mengembalikannya dengan cara mengganti penyimpanan internal.

  • Hubungkan perangkat Anda ke komputer.
  • Buka File Explorer di komputer Anda.
  • Arahkan ke folder penyimpanan internal perangkat Anda.
  • Cari folder WhatsApp.
  • Salin folder WhatsApp ke komputer Anda.
  • Hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat Anda.
  • Instal ulang aplikasi WhatsApp.
  • Masukkan nomor telepon yang sama dengan yang sebelumnya.
  • Pilih “Pulihkan” ketika diminta.
  • Salin kembali folder WhatsApp dari komputer Anda ke perangkat Anda.
  • Timpa folder WhatsApp yang ada di perangkat Anda dengan folder WhatsApp yang Anda salin dari komputer.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, chat WhatsApp yang terhapus akan kembali lagi ke perangkat Anda.

Beralih akun

Jika Anda tidak sengaja menghapus chat WhatsApp dan tidak mengaktifkan fitur backup, maka Anda masih bisa mencoba untuk mengembalikannya dengan cara beralih akun.

  • Hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat Anda.
  • Instal ulang aplikasi WhatsApp.
  • Masukkan nomor telepon yang berbeda dengan yang sebelumnya.
  • Pilih “Pulihkan” ketika diminta.
  • WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan chat di akun Google Drive atau iCloud Anda.
  • Pilih “Pulihkan” untuk mengembalikan chat yang terhapus.
  • Setelah proses pemulihan selesai, keluar dari akun WhatsApp tersebut.
  • Masukkan kembali nomor telepon yang sebelumnya Anda gunakan.
  • Pilih “Pulihkan” ketika diminta.
  • WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan chat di akun Google Drive atau iCloud Anda.
  • Pilih “Pulihkan” untuk mengembalikan chat yang terhapus.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, chat WhatsApp yang terhapus akan kembali lagi ke perangkat Anda.

Pulihkan lewat bantuan pihak ketiga

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus dengan bantuan pihak ketiga.

  • Gunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda memulihkan chat WhatsApp yang terhapus. Beberapa aplikasi yang populer antara lain:

  • WhatsApp Recovery
  • Dr.Fone
  • FonePaw
  • iMyFone

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda perlu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Hubungi penyedia layanan cloud.

Jika Anda menggunakan fitur backup otomatis di WhatsApp, maka Anda dapat menghubungi penyedia layanan cloud yang Anda gunakan (misalnya Google Drive atau iCloud) untuk meminta bantuan memulihkan chat WhatsApp yang terhapus.

Hubungi WhatsApp.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi tidak berhasil, maka Anda bisa menghubungi WhatsApp untuk meminta bantuan.

Namun, perlu dicatat bahwa WhatsApp tidak menjamin bahwa mereka dapat memulihkan chat yang terhapus.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang WhatsApp:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp?

Jawaban: Untuk mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “Setelan”. Setelah itu, pilih “Chat” dan aktifkan opsi “Cadangkan Chat”.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memulihkan chat WhatsApp yang terhapus?

Jawaban: Untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus, Anda dapat menggunakan fitur backup otomatis atau menggunakan bantuan pihak ketiga.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengirim pesan WhatsApp tanpa diketahui penerima?

Jawaban: Anda tidak dapat mengirim pesan WhatsApp tanpa diketahui penerima. Namun, Anda dapat menggunakan fitur “Pesan Sementara” untuk membuat pesan Anda menghilang setelah jangka waktu tertentu.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang telah memblokir saya di WhatsApp?

Jawaban: Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang telah memblokir Anda di WhatsApp, antara lain: Anda tidak dapat melihat foto profil atau status orang tersebut, pesan Anda tidak terkirim, dan Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon atau video call dengan orang tersebut.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp?

Jawaban: Untuk menghapus akun WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “Setelan”. Setelah itu, pilih “Akun” dan ketuk opsi “Hapus Akun Saya”.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web?

Jawaban: Untuk menggunakan WhatsApp Web, buka situs web WhatsApp Web di komputer Anda, lalu pindai kode QR yang muncul menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang WhatsApp. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan kunjungi situs web resmi WhatsApp atau hubungi layanan pelanggan WhatsApp.

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman:

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Fitur verifikasi dua langkah menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun WhatsApp Anda. Saat mengaktifkan fitur ini, Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email setiap kali Anda masuk ke akun WhatsApp di perangkat baru.

Jangan pernah membagikan kode verifikasi Anda kepada siapa pun.

Kode verifikasi WhatsApp Anda adalah informasi rahasia yang tidak boleh dibagikan kepada siapa pun, termasuk teman, keluarga, atau petugas WhatsApp. Jika seseorang meminta kode verifikasi Anda, jangan berikan dan segera laporkan kepada WhatsApp.

Waspadalah terhadap pesan phishing.

Pesan phishing adalah pesan yang dirancang untuk menipu Anda agar memberikan informasi pribadi, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit Anda. Pesan phishing biasanya berisi tautan ke situs web palsu yang terlihat mirip dengan situs web resmi WhatsApp. Jika Anda menerima pesan yang mencurigakan, jangan klik tautan apa pun dan segera laporkan kepada WhatsApp.

Perbarui WhatsApp secara berkala.

WhatsApp merilis pembaruan secara berkala untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan aplikasi. Pastikan Anda selalu memperbarui WhatsApp ke versi terbaru untuk melindungi akun Anda dari ancaman keamanan terbaru.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman.

Demikian beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Conclusion

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen. WhatsApp juga memiliki fitur panggilan suara dan video, serta fitur grup chat.

Namun, seperti aplikasi lainnya, WhatsApp juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan WhatsApp adalah tidak adanya fitur enkripsi end-to-end secara default. Artinya, pesan yang dikirim melalui WhatsApp dapat dibaca oleh pihak ketiga, seperti pemerintah atau penyedia layanan internet.

Kekurangan lainnya adalah WhatsApp tidak memiliki fitur untuk mencadangkan chat secara otomatis. Artinya, jika pengguna tidak mengaktifkan fitur backup secara manual, maka chat yang terhapus tidak dapat dikembalikan.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, WhatsApp tetap menjadi aplikasi perpesanan yang populer karena kemudahan penggunaannya dan fitur-fitur yang ditawarkannya. Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman, pastikan Anda mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, jangan pernah membagikan kode verifikasi Anda kepada siapa pun, waspadalah terhadap pesan phishing, dan perbarui WhatsApp secara berkala.

Demikian artikel tentang cara mengembalikan chat WA yang terhapus dan tips menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *