Membuat Notifikasi WhatsApp Mengambang


Membuat Notifikasi WhatsApp Mengambang

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling populer di dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk saling mengirim pesan teks, foto, video, dan dokumen. WhatsApp juga memiliki fitur notifikasi yang akan muncul di layar ponsel pengguna ketika ada pesan baru masuk. Namun, notifikasi WhatsApp ini tidak selalu terlihat oleh pengguna, terutama jika pengguna sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel pengguna sedang terkunci.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang. Fitur ini akan membuat notifikasi WhatsApp muncul di layar ponsel pengguna meskipun pengguna sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel pengguna sedang terkunci. Notifikasi WhatsApp mengambang akan muncul dalam bentuk jendela kecil yang dapat dipindahkan dan ditutup oleh pengguna.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas cara mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang dan cara menggunakan fitur tersebut.

Membuat Notifikasi Wa Mengambang

Notifikasi WhatsApp selalu terlihat.

  • Aktifkan fitur notifikasi mengambang.
  • Buka pengaturan WhatsApp.
  • Pilih “Notifikasi”.
  • Aktifkan “Notifikasi mengambang”.
  • Atur ukuran dan posisi jendela notifikasi.
  • Selesai.

Sekarang, notifikasi WhatsApp akan selalu terlihat meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel terkunci.

Aktifkan fitur notifikasi mengambang.

Untuk mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan WhatsApp.

    Untuk membuka pengaturan WhatsApp, tap ikon titik tiga di pojok kanan atas layar utama WhatsApp, lalu pilih “Pengaturan”.

  • Pilih “Notifikasi”.

    Dalam pengaturan WhatsApp, pilih opsi “Notifikasi”.

  • Aktifkan “Notifikasi mengambang”.

    Dalam pengaturan notifikasi WhatsApp, cari opsi “Notifikasi mengambang” dan aktifkan opsi tersebut dengan menggeser tombol ke kanan.

  • Atur ukuran dan posisi jendela notifikasi.

    Setelah mengaktifkan fitur notifikasi mengambang, Anda dapat mengatur ukuran dan posisi jendela notifikasi sesuai keinginan Anda. Untuk mengatur ukuran jendela notifikasi, seret sudut jendela notifikasi. Untuk mengatur posisi jendela notifikasi, seret jendela notifikasi ke posisi yang diinginkan.

Sekarang, fitur notifikasi WhatsApp mengambang telah aktif dan Anda akan selalu dapat melihat notifikasi WhatsApp meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel terkunci.

Buka pengaturan WhatsApp.

Untuk membuka pengaturan WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tap ikon titik tiga di pojok kanan atas layar utama WhatsApp.

    Ikon titik tiga ini terletak di sebelah ikon pencarian dan ikon kamera.

  2. Pilih “Pengaturan”.

    Setelah men-tap ikon titik tiga, sebuah menu akan muncul dari bawah layar. Dalam menu tersebut, pilih opsi “Pengaturan”.

Sekarang, Anda akan berada di halaman pengaturan WhatsApp. Dari halaman ini, Anda dapat mengatur berbagai hal terkait WhatsApp, termasuk mengaktifkan fitur notifikasi mengambang.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas cara mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang.

Pilih “Notifikasi”.

Setelah membuka pengaturan WhatsApp, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Notifikasi”. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari bagian “Notifikasi”.

    Dalam halaman pengaturan WhatsApp, cari bagian “Notifikasi”. Bagian ini biasanya terletak di dekat bagian atas halaman.

  2. Tap opsi “Notifikasi”.

    Setelah menemukan bagian “Notifikasi”, tap opsi “Notifikasi” untuk membuka pengaturan notifikasi WhatsApp.

Sekarang, Anda akan berada di halaman pengaturan notifikasi WhatsApp. Di halaman ini, Anda dapat mengatur berbagai hal terkait notifikasi WhatsApp, termasuk mengaktifkan fitur notifikasi mengambang.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas cara mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang.

Aktifkan “Notifikasi mengambang”.

Untuk mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari opsi “Notifikasi mengambang”.

    Dalam halaman pengaturan notifikasi WhatsApp, cari opsi “Notifikasi mengambang”. Opsi ini biasanya terletak di bagian bawah halaman.

  2. Aktifkan opsi “Notifikasi mengambang”.

    Setelah menemukan opsi “Notifikasi mengambang”, aktifkan opsi tersebut dengan menggeser tombol ke kanan. Tombol akan berubah warna menjadi hijau setelah diaktifkan.

Sekarang, fitur notifikasi WhatsApp mengambang telah aktif dan Anda akan selalu dapat melihat notifikasi WhatsApp meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel terkunci. Notifikasi WhatsApp akan muncul dalam bentuk jendela kecil yang dapat dipindahkan dan ditutup oleh Anda.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas cara mengatur ukuran dan posisi jendela notifikasi WhatsApp mengambang.

Atur ukuran dan posisi jendela notifikasi.

Setelah mengaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang, Anda dapat mengatur ukuran dan posisi jendela notifikasi sesuai keinginan Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk mengatur ukuran jendela notifikasi, seret sudut jendela notifikasi.

    Jendela notifikasi dapat diperbesar atau diperkecil dengan menyeret sudut jendela notifikasi ke arah luar atau ke arah dalam.

  • Untuk mengatur posisi jendela notifikasi, seret jendela notifikasi ke posisi yang diinginkan.

    Anda dapat memindahkan jendela notifikasi ke posisi mana pun di layar ponsel Anda.

  • Untuk menutup jendela notifikasi, tap tombol tutup di sudut kanan atas jendela notifikasi.

    Tombol tutup berbentuk seperti tanda silang (X).

  • Untuk membuka kembali jendela notifikasi, tap ikon notifikasi WhatsApp di bilah status.

    Ikon notifikasi WhatsApp berbentuk seperti balon chat dengan tanda seru di dalamnya.

Sekarang, Anda telah mengetahui cara mengatur ukuran dan posisi jendela notifikasi WhatsApp mengambang. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi jendela notifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Selesai.

Setelah Anda mengatur ukuran dan posisi jendela notifikasi WhatsApp mengambang sesuai keinginan Anda, maka proses pembuatan notifikasi WhatsApp mengambang telah selesai. Sekarang, Anda akan selalu dapat melihat notifikasi WhatsApp meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel terkunci. Notifikasi WhatsApp akan muncul dalam bentuk jendela kecil yang dapat dipindahkan dan ditutup oleh Anda.

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan WhatsApp.
  2. Pilih “Notifikasi”.
  3. Nonaktifkan opsi “Notifikasi mengambang”.

Setelah Anda menonaktifkan fitur notifikasi WhatsApp mengambang, maka notifikasi WhatsApp akan kembali muncul dalam bentuk biasa, yaitu di bilah status ponsel Anda.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang WhatsApp:

Question 1: Bagaimana cara mengirim pesan WhatsApp?
Answer 1: Untuk mengirim pesan WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan. Kemudian, ketik pesan Anda di kotak teks di bagian bawah layar dan tap tombol kirim.

Question 2: Bagaimana cara mengirim foto atau video di WhatsApp?
Answer 2: Untuk mengirim foto atau video di WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirimi foto atau video. Kemudian, tap ikon klip kertas di sudut kanan atas layar dan pilih “Foto/Video”. Pilih foto atau video yang ingin Anda kirim dan tap tombol kirim.

Question 3: Bagaimana cara melakukan panggilan suara atau video di WhatsApp?
Answer 3: Untuk melakukan panggilan suara atau video di WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda telepon. Kemudian, tap ikon telepon atau ikon kamera video di sudut kanan atas layar. Panggilan akan langsung tersambung setelah penerima mengangkat telepon.

Question 4: Bagaimana cara membuat grup WhatsApp?
Answer 4: Untuk membuat grup WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan tap ikon titik tiga di sudut kanan atas layar. Kemudian, pilih “Grup baru”. Pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke grup dan tap tombol “Buat”.

Question 5: Bagaimana cara mengubah pengaturan privasi WhatsApp?
Answer 5: Untuk mengubah pengaturan privasi WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan tap ikon titik tiga di sudut kanan atas layar. Kemudian, pilih “Pengaturan” > “Akun” > “Privasi”. Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat foto profil, status, dan terakhir dilihat Anda.

Question 6: Bagaimana cara membuat stiker WhatsApp?
Answer 6: Untuk membuat stiker WhatsApp, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Sticker Maker. Setelah membuat stiker, Anda dapat menambahkannya ke WhatsApp dengan men-tap ikon stiker di kotak teks dan memilih stiker yang ingin Anda kirim.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang WhatsApp. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya di komunitas WhatsApp atau mencari informasi di internet.

Berikutnya, kita akan membahas beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih efektif dan efisien.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih efektif dan efisien:

Tip 1: Gunakan fitur pencarian untuk menemukan pesan dengan cepat.
Untuk menggunakan fitur pencarian, tap ikon kaca pembesar di sudut kanan atas layar utama WhatsApp. Kemudian, ketik kata kunci yang ingin Anda cari dan WhatsApp akan menampilkan semua pesan yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Tip 2: Sembunyikan notifikasi grup yang tidak penting.
Jika Anda tergabung dalam banyak grup WhatsApp dan merasa terganggu dengan notifikasi grup tersebut, Anda dapat menyembunyikan notifikasi grup tersebut. Untuk melakukannya, buka grup WhatsApp yang ingin Anda sembunyikan notifikasinya, tap ikon titik tiga di sudut kanan atas layar, lalu pilih “Bisukan notifikasi”.

Tip 3: Gunakan fitur balasan cepat untuk membalas pesan dengan cepat.
Saat Anda menerima pesan WhatsApp, Anda dapat membalasnya dengan cepat menggunakan fitur balasan cepat. Untuk menggunakan fitur ini, geser pesan yang ingin Anda balas ke kanan dan pilih balasan cepat yang sesuai.

Tip 4: Gunakan fitur stiker dan GIF untuk membuat pesan Anda lebih ekspresif.
WhatsApp menyediakan berbagai macam stiker dan GIF yang dapat Anda gunakan untuk membuat pesan Anda lebih ekspresif. Untuk menggunakan stiker atau GIF, tap ikon stiker atau GIF di kotak teks dan pilih stiker atau GIF yang ingin Anda kirim.

Itulah beberapa tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih efektif dan efisien. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda.

Demikian pembahasan tentang cara membuat notifikasi WhatsApp mengambang, FAQ tentang WhatsApp, dan tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Conclusion

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. WhatsApp menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah fitur notifikasi WhatsApp mengambang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat notifikasi WhatsApp meskipun mereka sedang menggunakan aplikasi lain atau layar ponsel mereka terkunci.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat notifikasi WhatsApp mengambang, FAQ tentang WhatsApp, dan tips untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan membantu Anda memanfaatkan WhatsApp dengan sebaik-baiknya.

You May Also Like

About the Author: BeritaRem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *